7 Keunikan PON XX 2021 di Tanah Papua

Marcel
Istora Lukas Enembe di kampung harapan, kabupaten Jayapura

Dalam setiap perhelatan olahraga baik di tingkat nasional hingga internasional, selalu terdapat keunikan yang menjadi kekhasan daerah dan menjadi atribut kekayaan serta kearifan lokal, termasuk di Tanah Papua. Berikut panduan yang mungkin bisa menjadi informasi bagi para tamu dan atlet yang akan datang pada Oktober mendatang di “Surga Kecil Jatuh di Bumi”

________________________________________________________________________

 

1.    Ajang Olahraga Nasional di Tengah Pandemi Covid 19

Ilustrasi Salah satu sudut dalam stadion Lukas Enembe

Berdasarkan catatan, Papua termasuk salah satu provinsi di Indonesia yang berhasil dalam menangani pandemic COVID 19. Menurut Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Dance Yulian Flassy, angka kematian akibat COVID 19 di Papua relatif rendah bahkan nyaris 0, sejalan dengan angka kesembuhan pasien COVID 19 yang mendekati angka 100%. Hal ini menumbuhkan kepercayaan diri Pemerintah Provinsi dan masyarakat Papuauntuk menyelenggarakan PON XX  dengan aman dan lancar.

2.    Papua: Tuan Rumah ke-10 Penyelenggara PON

Foto Udara Mimika Sport Complex yang dibangun PT Freeport untuk PON Papua. (Property Tiffanews.com)

PON XX 2021 di Papua tidak terlepas dari perjuangan panjang Pemerintah Provinsi Papua di bawah kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe untuk menjadikan Papua sebagai Provinsi Indonesia ke – 10 yang menyelenggarakan PON. Sepanjang 19 kali penyelenggaraan PON, dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia, hanya 9 Provinsi yang berkesempatan menjadi Tuan Rumah PON, yaitu, Jateng, Jabar, Jatim, DKI Jakarta, Kaltim, Riau, Sumut, Sulsel dan Sumsel. Hal ini menjadi suatu kehormatan, di tengah berbagai keraguan tentang situasi dan kondisi keamanan di Papua, Papua berhasil meyakinkan Pemerintah Pusat untuk menjadi tuan rumah PON ke-10 mengalahkan Provinsi Bali dan Aceh.

 

3.    Maskot Kangpho dan Drawa

Maskot PON Papua Kangpho dan Drawa

Dua hewan khas Papua, Kangpho dan Drawa menjadi maskot PON XX yang akan dilangsungkan di Papua pada 2020. Kangpho atau kepanjangan dari Kanguru pohon, selama ini populer sebagai satwa khas Australia, nyatanya ada di Papua. Menariknya, Kangpho merupakan jenis kanguru pohon dan satu diantaranya yang sangat terkenal adalah kanguru pohon mantel emas atau nama latinnya Dendrolagus Pulcherrimus. Drawa adalah burung jantang dewasa yang memiliki hiasan didominasi warna merah, jingga dan warna campuran antara merah dan jingga pada bagian sisi perutnya. Sementara bulu bagian dada berwarna cokelat tua. Paling uniknya lagi, pada ekor Drawa terdapat dua buah tali yang panjang berwarna hitam.

 

4.    Torang Bisa

Tagline PON Papua “Torang Bisa”

Tagline Torang Bisa (Kami bisa) juga ikut diluncurkan bersamaan dengan maskot PON XX. #torangbisa bermakna penyemangat khas Papua untuk mengobarkan semangat kepada para atlet yang akan bertarung pada PON XX.

 

5.    Logo Stadion Lukas Enembe

Maskna dibalik Logo PON Papua

Konsep dasar logo PON XX Papua 2020 merupakan Stadion Lukas Enembe yang mana merupakan simbol kemegahan di bidang olahraga rakyat Papua. Kemegahan Stadion Lukas Enembe hampir setara dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, bahkan disebut-sebut memiliki kemiripan dengan stadion sepak bola terbesar kedua di dunia, Salt Lake di India.

 

6.    Cabor Biliar Miliki Stadion Sendiri

venue-biliar PON Papua yang terletak di kabupaten Mimika

Pada tiap PON edisi sebelumnya cabang olahraga Biliar selalu digelar tempat-tempat yang disulap menjadi Stadion Biliar. Akan tetapi, khusus PON tahun ini Cabor Biliar memiliki Stadion yang terletak di Kabupaten Mimika, Papua.

 

7.    10 Cabor Dicoret dari PON XX 2021

Ilustrasi Venue panjat tebing terbaik di Indonesia ada di Papua

Berdasarkan kemampuan Provinsi Papua, Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PBPON) XX Papau memutuskan untuk mencoret 10 Cabang Olahraga (Cabor) dari PON XX Papua 2021. Olahraga tersebut antara lain, balap sepeda, tennis meja, bridge, gate ball, ski air, boling, dansa, petanque, woodball dan golf.

 

Tujuh hal unik di atas, sangat mungkin bertambah sejalan dengan berjalannya waktu persiapan dan penyelenggaraan PON XX 2021 di Tanah Papua. Kita berdoa sama-sama supaya PON XX 2021 terselenggara dengan sukses, aman dan lancar. Pasti penasaran kan ingin menyaksikan langsung PON di PApua.. AYO TORANG BISA!

(Redaksi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Spesies Katak Baru Ditemukan di Area PT Freeport Indonesia

TIFFANEWS.COM – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan South Australian Museum yang didukung oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) telah menemukan spesies katak baru di Mimika, Papua. Spesies yang ditemukan adalah Litoria lubisi, sejenis katak pohon hijau besar yang merupakan anggota keluarga Litoria infratrenata. Penemuan spesies baru ini telah dipublikasikan secara […]
Instagram did not return a 200.
Translate »