Alat Tak Sesuai dan Kapal Melintas jadi Kendala Cabor Selam Papua

Marcel
Atlet Selam Papua saat berlatih di pantai Dok II Jayapura. (Foto : Tiffanews.com/Ainun)

 

TIFFANEWS.COM – Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 boleh dikatakan tinggal menghitung hari. Seluruh atlet yang akan berlaga diturnamen bergengsi antar seluruh provinsi di Indonesia pun terus menggenjot Latihan guna memberikan hasil terbaik dalam event Empat tahunan itu.

Terutama para atlet di provinsi Papua sebagai tuan rumah PON XX, yang kian terpacu membuktikan diri sebagai yang terbaik. Meski begitu, sejumlah kendala selama berlatih masih dialami para atlet.

Seperti yang dikemukakan pelatih atlet cabang olahraga (cabor) Selam, Papua, Absentinus Sembiring, terkait kendala timnya saat melakukan latihan selam. Diantaranya peralatan Latihan yang belum sesuai permintaan serta sering lewatnya kapal dan perahu nelayan dilokasi Latihan atlet.

“Masalah masalah yang kami hadapi sekarang ini yang pertama peralatan latihan yang kami minta kepada  Pemerintah Provinsi tetapi yang diberikan tidak sesuai dengan yang kami minta dan kapal serta perahu nelayan disekitar tempat latihan yang sering melintasi daerah atlet berlatih,” ujar Sembiring ]saat ditemui di Hotel Grand View Jayapura disela latihan, Kamis (15/07/2021).

Pelatih yang merupakan mantan atlet selam peraih medali emas saat PON Kaltim 2008 itu menjelaskan, daerah Latihan timnya sudah dipasangi batas dengan penancapan bendera sebagai tanda. Hanya saja, masih sering dilintasi oleh para nelayan sekitar.

“Kami sudah menyurat kepada Pemerintah Daerah terkait hal tersebut tetapi orang-orang tertentu yang tidak mengetahui tentang bendera selam tetap melintasi daerah para atlet berlatih, tak jarang juga bendera yang terpasang sebagai tanda batas dipotong kemudian diambil,” keluh Sembiring.

Diakui Sembiring, kapal-kapal besar yang berada disekitar tempat latihan tak jarang memang sudah mengetahui tentang keberadaan atlet selam.

“Tetapi jika kapal- kapal besar para kapten kapal tersebut tahu tentang arti bendera yang dipasang sehingga mereka akan mengurangi kecepatan dan menjauh dari bendera yang sudah dipasang” jelas sang pelatih yang selalu menanamkan pada para atletnya bahwa musuh terberat para penyelam adalah laut itu sendiri, siapa yang bisa menaklukkan laut itulah pemenangnya.

Lokasi Latihan atlet selam Papua untuk PON XX Papua, adalah dipantai depan kantor Gubernur Papua Dok II Jayapura. Lokasi ini memang relative ramai lalulintas nelayan tradisional dan kapal yang akan berlabuh di Pelabuhan Yos Sudarso Jayapura.  (CR1/Cel)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Target Lima Medali Emas, Cabor Selam Terus Berlatih

TIFFANEWS.COM – Pelatih cabang olahraga (Cabor) selam Papua , Absentinus Sembiring optimis mematok target 5 Emas untuk direbut atletnya dalam pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PN) XX Papua, yang mulai digelar secara resmi pada 2-15 Oktober 2021. “Lima Medali Emas target kami, syukur-syukur dan kita aminkan bisa lebih dari itu” kata […]
Instagram did not return a 200.
Translate »