Aparat TNI-Polri Kota Jayapura Dampingi Penelitian Gunung Srobu

Marcel
Aparat TNI dan Polri di Kota Jayapura bersama tim penelitian gunung Srobu. (Foto : Pendam Cenderawasih)

TIFFANEWS.COM – Babinsa Koramil 1701-03/Abepura Serda Agus S.Efendi bersama Bhabinkamtibmas kelurahan Abepante Aiptu Suhardin, Bhabinpolair Kelurahan Abepante Bripka Jupri.SH, mendampingi dan memonitor kegiatan penelitian Gunung Srobu dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Balai Arkeologi Provinsi Papua yang bertempat di Kelurahan Abe Pantai Distrik Abepura Kota Jayapura, Selasa (13/07/2021).

Kegiatan penelitian ini dilakukan bertujuan untuk pengawasan Arkeologi yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan nilai-nilai budaya untuk dunia pendidikan.

Penelitan ini sudah dilaksanakan beberapa kali dan ini adalah yang ke-8 kalinya, dari kesimpulan penelitian sebelumnya bahwa sudah lama ada koneksi dari peradaban luar yang diantaranya banyak ditemukan jenis kerang dan sudah ada juga yang dijadikan hiasan, tempat pengolah bahan makanan, bahkan ditemukan bekas selongsong dan proyektil.

Ketua tim Ibu Erlin Novita Idje Djami menyampaikan bahwa seharusnya sudah ada plang Perlindungan Cagar Budaya terhadap gunung Srobu dari pihak terkait meskipun masih perlu mendapat kajian riset berbagai kalangan.

“Bagi masyarakat sekitar di Gunung Srobu memang sudah ada peradaban bertahun-tahun sebelumnya, masyarakat sendiri biasa mencari kerang digunung tersebut untuk dibakar dan dijadikan kapur pinang yang hasilnya juga bisa menambah penghasilan disamping sebagai nelayan,” ungkap Ibu Erlin.

Sementara dikuatkan lagi dari ibu ketua tim memang ada peradaban sekitar 2000 tahun sebelumnya di Gunung Srobu bahwa kerang-kerang itu dibawa oleh manusia dalam waktu yang lama dan bukan ada karena alam.

“Kegiatan penelitian hari pertama ini diikuti tim dan pendukungnya sebanyak 14 orang dengan melibatkan masyarakat sekitar, dalam hal ini Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Bhabinpolpolair kelurahan Abepantai memonitor kegiatan dan memberikan dukungan kegiatan tersebut,” jelas Ibu Erlin.  (Cel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Belasan Lapak Usaha dan Dua Ruko di Abepura Ludes Terbakar

TIFFANEWS.COM – Belasan lapak pedagang warung makan dan kios kelontongan serta dua ruko yang terletak di Jalan Baru Tembus Melati, tepatnya di Kompleks Abe Indah (Penampungan), Kelurahan Yobe, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua ludes dilalap si jago merah, Rabu (14/7/2021) subuh. Kejadian berlangsung sekitar pukul 05.00 WIT, ketika terdengar ledakan […]
Instagram did not return a 200.
Translate »