Apresiasi atas Prestasi Futsal Papua, Freeport Hadiahkan Topi Tembaga

Tukan Ben
Tim Futsal Papua Menyapa Masyarakat Mimika

 

TIFFANEWS. COM,- Sebagai ungkapan terima kasih dan apresiasi atas prestasi gemilang yang diraih, Tim Futsal Papua didaulat menyapa langsung masyarakat Mimika pada soft opening Timika Expo yang digelar di eks Pasar Swadaya Timika pada Kamis (7/10).

Timika Expo yang digagas Bidang Pemasaran Sub PB PON XX Klaster Mimika ini bekerjasama dengan Pemkab Mimika, PT Freeport Indonesia (PTFI) serta Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme-Kamoro (YPMAK).

Ada nuansa tersendiri dari Timika Expo yang mulai digelar Kamis kemarin dan akan berlangsung hingga 15 Oktober mendatang.

Selain melibatkan ratusan UMKM binaan Diskop, YPMAK maupun PTFI, Bidang Pemasaran Sub PB PON XX Klaster Mimika juga menghadirkan atlet-atlet dari berbagai daerah untuk menyampaikan pesan juga kesan selama berada dan menjalani pertandingan Cabang Olahraga (Cabor) PON XX di Klaster Mimika.

Daud H. Arim Pelatih Kepala Tim Futsal Papua dalam kesempatan menyapa masyarakat Mimika, menerangkan Tim Futsal Papua tiba di Timika pada 28 Juli 2021 lalu dan sukses menuntaskan seluruh fase pertandingan dengan kemenangan hingga meraih emas di laga final Minggu (3/10).

“Puji Tuhan Tim Futsal Papua bisa menang. Kami berterima kasih kepada masyarakat Mimika yang sudah memberi dukungan yang luar biasa. Dukungan yang sangat luar biasa menjadi pemain keenam dan ketujuh di lapangan, sehingga tim kami sukses meraih medali emas,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Daud H. Arim juga sangat kagum dengan kemajuan dan perkembangan Kota Timika dengan banyaknya venue-venue berkelas, termasuk GOR Futsal.

Dengan infrastruktur, sarana-prasarana yang mumpuni ini, sebagai Pelatih Tim Futsal Papua, dirinya mengimbau kepada anak-anak muda Mimika untuk terus dan giat berlatih sehingga mampu mengukir prestasi sebagaimana yang telah dibuktikan Tim Futsal Papua pada PON XX Papua 2021.

“Tentunya, kita tidak berhenti di sini tetapi bisa lanjut dan berprestasi di PON Aceh empat tahun mendatang. Harapan besar saya ada anak-anak muda Mimika perkuat tim futsal Papua, juga di Cabor lainnya,”ujar Daud.

Diakuinya, Tim Futsal PON XX kali ini diprkuat tiga putra Mimika.

Untuk itu, diharapkan ke depan bisa lebih banyak anak muda Timika gabung dan ikut PON atau iven lainnya.

“Terima kasih atas dukungannya, Timika-Papua ‘Torang Bisa’,” tandasnya diikuti lambaian tangan para pemain dan sambutan hangat masyarakat Mimika di arena Timika Expo kemarin.

Dalam kesempatan yang sama, Claus Wamafma, Direktur PTFI menambahkan, PT Freeport Indonesia sangat bangga kepada tim Futsal Papua yang telah mengukir prestasi serta mengharumkan nama Bumi Cenderawasih di iven olahraga nasional.

“Keluar sebagai juara Futsal PON XX mengalahkan rivalnya Jawa Barat pada Minggu (3/10) lalu, ini jadi saksi sejarah dan membalikan dominasi Jawa Barat pada PON XIX Tahun 2016 lalu,” jelasnya.

Sebagai ungkapan syukur dan apresiasi, mewakili managemen Freeport, Claus Wamafma memberikan hadiah berupa topi yang terbuat dari tembaga untuk Tim Futsal Papua.

Claus juga bangga akan kedatangan Tim Futsal Papua yang langsung menyapa masyarakat Mimika di acara soft opening Timika Expo.

“PON 20 ini buat semua orang bangga, karena PON membuat kitorang di Papua senang dan membuat semua orang Papua jalan dengan kepala tegak. Hari ini (kemarin-Red) di Lapangan eks Pasar Swadaya Kota Timika yang kita cintai ini, salah satu dari banyak anak-anak Papua hebat hadir bersama kita. Mereka adalah anak-anak Papua Tim Futsal Papua,” kata Claus disambut tepuk tangan meriah masyarakat Mimika.

Claus pun berkisah, sejak fase awal pertandingan hingga final, ia termasuk  suporter yang harus mengantre masuk  ke GOR Futsal untuk menyaksikan langsung permainan anak-anak Papua.

“Saya bilang wow, ini orang-orang banyak sekali. Kita ada di sana bukan karena kita mau nonton tapi juga memberikan spirit juga dukungan doa dari warga Mimika untuk tim kebanggaan kita,” ungkapnya.

Claus pun mengaku mendapat SMS dari pendeta-pendeta yang turut mendoakan Tim Futsal Papua, dan puji Tuhan mereka sukses meraih emas.

“Saat ini PON masih berjalan, mari kita berdoa agar sampai penutupan nanti tidak ada gangguan sehingga kita bisa selesaikan iven besar ini dengan sukses dan memberi kesan positif bagi seluruh rakyat Indonesia. Dapat emas di PON itu bukan kaleng-kaleng. Kalau kita di Timika bilang tidak gampang. Dapat emas di PON itu levelnya nasional karena ada 34 provinsi dan kita mampu berada di level atas. Semua itu butuh keseriusan, komitmen dan pengorbanan,” serunya.

Ia menambahkan, managemen Freeport pun sudah menyiapkan hadiah bagi para para atlet berprestasi, mudah-mudahan segera direalisasikan usai PON.

“Saya mewakili managemen Freeport sangat bangga dengan Tim Futsal Papua. Hasil yang diraih karena kerja keras tim. Untuk menghargai itu tentunya dari perusahaan sudah mempersiapkan penghargaannya. Mudah-mudahan setelah PON bisa direalisasikan segera sehingga anak-anak terus berlatih dan berprestasi di level yang lebih tinggi. Harapan besar kita tim diisi mutiara-mutiara hitam (anak-anak Papua),” terangnya.

Sementara itu, Ida Wahyuni, Koordinator Bidang Pemasaran Sub PB PON XX Klaster Mimika yang juga Kepala Dinas Koperasi dan UKM mengucapkan selamat kepada seluruh Tim Futsal Papua karena sudah mengukit prestasi emas pada PON XX di Timika.

“Ini adalah suatu kebanggan bersama. Dan memang kemarin antusias masyarakat mendukung tim tuan rumah sangat luar biasa. Bupati Mimika juga mengucapkan terima kasih kepada tim Futsal Papua atas prestasi dan rencana kembalinya tim besok ke Jayapura, semua berjalan aman dan lancar. Kiranya Tuhan memberkati usaha dan pengabdian kita di tanah Papua khususnya di Mimika. Ke depan nama Papua harum dan terus bergema,”katanya.

Adapun Nur Ifa Karupukaro,  Wakil Direktur Perencanaan Program YPMAK saat bersamaan menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Mimika, PTFI juga YPMAK yang sudah menghadirkan para bintang Futsal Papua.

“Selama ini masyarakat yang mau nonton penampilan mereka tidak sempat, tetapi hari ini (Kamis-red) mereka hadir di sini untuk menyapa secara langsung masyarakat Mimika. Ini adalah berkat bagi masyarakat Amungme dan Kamoro. Terima kasih juga kepada tim yang sangat luar biasa karena berkat kalian, nama Papua menjadi harum,”pungkasnya. (mrs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ayah dan Anak Raih Medali di Kelas F3J FAI Aeromodelling

  TIFFANEWS.COM,- Atlet Aeromodelling Erick Limanhadi dan Benny Limanhadi, anak dan ayah yang bertanding pada cabang olahraga Aeromodelling kelas F3J  FAI sukses persembahkan medali bagi Jawa Timur di Pekan Olahraga Nasional (PON) yang digelar di venue Aeromodelling SP-5 Timika. Erick sukses mempersembahkan emas bagi Jatim, sedangkan ayahnya, Benny meraih medali […]
Instagram did not return a 200.
Translate »