Arus Balik 2022, Lonjakan Penumpang di Bandara Sentani Diperkirakan Mulai 8 Mei

Tukan Ben

 

TIFFANEWS.COM-  Hasil pantauan arus balik penumpang pasca mudik hari Raya Idul Fitri oleh pihak Bandara Internasional Sentani- Jayapura diperkirakan terjadi mulai tanggal 8 Mei 2022.

Dikutip dari tribratanews, General Manager Bandara Sentani Jayapura Iwan Noviantoro mengatakan untuk data traffic kita yang terakhir pergerakan penumpang sampai dengan tanggal 3 kemarin untuk keberangkatan mencapai 1.488 penumpang, kemudian untuk yang datang mencapai 1.074 penumpang.

“Untuk traffic pesawat sendiri kita mengalami penurunan, yang biasanya rata-rata kita berada di kisaran 132-140 kemarin hanya berada di kisaran 52 jadi di tanggal (03/05) kemarin kita mengalami penurunan yang sangat signifikan dibanding dengan tanggal 30 april,” katanya, Rabu (04/05).

Lanjutnya, pada tanggal 30 April 2022 kemarin untuk pergerakan penumpang secara total mencapai sekitar 6.000 penumpang, jadi kita pantau penumpang yang ingin berangkat kurang lebih sekitar 3.600 penumpang dan sisanya adalah penumpang yang tiba di Bandara Sentani.

“Untuk situasi saat ini yang kita pantau pada hari ini masih aman terkendali. Jadi selama ini pada saat sebelum adanya posko pengamanan Bandara Sentani, kita sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari untuk secara intens berkordinasi dengan pihak TNI-Polri dalam menyikapi arus mudik lebaran dan nantinya juga pada arus balik lebaran,” ujar Iwan Noviantoro.

Dirinya juga menyampaikan,  selain itu juga dengan adanya kelonggaran dari pemerintah terkait dengan aturan Prokes dalam hal ini masyarakat sudah diijinkan untuk melakukan mudik lebaran namun tetap memperhatikan Prokes secara ketat.

Sesuai dengan implementasi SE 36 kemarin yang diperbaharui menjadi SE 48 di situ juga kami berkordinasi dengan KKP untuk selalu monitoring persyaratan yang selalu melaksanakan mudik apakah mereka memenuhi persyaratan atau tidak karena biar bagaimana pun juga apabila di ijinkan mudik tapi kami tetap menjaga prokes.

“Jangan sampai setelah pelaksanaan lebaran selesai, kasus Covid-19 menjadi meningkat, nah ini kami selalu mendukung apa yang menjadi kebijakan pemerintah dan apa yang menjadi aturan pemerintah supaya di Negara kita ini bisa segera bebas Covid-19” jelasnya.

Kata Iwan Noviantoro, kami memperkirakan estimasi penumpang di tanggal 8 karena libur cuti bersama itu berakhir di tanggal 8, nah estimasi kita di tanggal 8 itu akan menjadi puncak dari arus balik di Bandara Sentani dan diperkirakan di tanggal 8 itu mencapai 3.152 penumpang untuk yang datang saja.

“Jadi yang telah disiapkan oleh PT. Angkasa Pura 1 yang pertama dari sisi kesiapan fasilitas kemudian yang kedua adalah kesiapan dari SDM, tentunya kami juga akan berkordinasi dengan BKO yang berada di Bandara Sentani dalam hal ini TNI-Polri, kami sudah memploting seluruh SDM dari area kedatangan sampai di lobby terminal disitu pun juga kami dalam hal fasilitas pada hal ini diarea kedatangan khususnya pengambilan bagasi itu sudah di pastikan peralatan kami sudah siap operasi” katanya.

Kemudian secara keseluruhan, Iwan Noviantoro mengungkapkan hingga fasilitas dalam terminal kami sudah melakukan pengecekan secara rutin dan sudah di pastikan semuanya dalam kondisi siap operasi.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang pertama adalah tetap mentaati prokes secara ketat baik penggunaan masker, jaga jarak, yang kedua agar tetap mengikuti aturan yang sudah ditetapkan di Bandara Sentani baik itu didalam proses antrian pada pengambilan bagasi kemudian pada saat check-in dan tidak lupa agar selalu mengisi EHAC seperti yang sudah ditetapkan dari Kemenkes maupun Pemerintah Pusat” tutupnya.(Ifa)

Sumber Foto : tribratanews.papua.polri.go.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kapolresta Jayapura Kota Resmikan Tiga Pos Polisi

  TIFFANEWS.COM,- Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK., M.Pd, meresmikan  Operasional Pos Polisi Holtekamp, Pos Polisi Koya Koso dan Pos Polisi Kampung Buton,  Peresmian berlangsung secara simbolik,  di Pertigaan Jl. Baru Holtekamp Distrik Muara Tami Kamis (5/5) siang. Giat Peresmian Tiga Pos Polisi tersebut dihadiri oleh […]
Translate »