Babinsa dan Babinkamtibmas Kolaborasi Sadarkan Anggota OPM

Tukan Ben
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri. (Foto : ANTARA/Evarukdijati)

TIFFANEWS.COM,- Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengakui hingga kini TNI-Polri melalui Babinsa (Bintara pembina desa) dan Babinkamtibmas (Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat) terus berupaya merangkul dan menyadarkan masyarakat yang saat ini masih tergabung dengan organisasi Papua Merdeka (OPM).

Babinsa dan Babinkamtibmas tidak bergerak sendiri karena harus menggandeng pemda setempat mengingat mereka (anggota OPM) juga penduduk setempat.

Upaya tersebut terus dilakukan sehingga mereka sadar dan kembali ke pangkuan NKRI serta bergabung di tengah masyarakat, kata Irjen Pol Fakhiri  di Jayapura, Sabtu (3/7).

Ia mengemukakan OPM merupakan organisasi yang berupaya memisahkan Papua dari NKRI, sehingga diharapkan peran Babinsa dan Babinkamtibmas bersama pemda dapat menyadarkan mereka hingga kembali ke NKRI.

Selain kembali ke NKRI, juga diharapkan menyerahkan senjata api yang selama ini dipegang karena bila tidak akan berbahaya dan bisa disalahgunakan, ujar Irjen Pol Fakhiri seraya mengakui ada beberapa kabupaten yang sebelumnya sering terjadi gangguan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB), namun kini nisbi aman karena mantan anggota sudah membaur dengan warga.

Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda secara terpisah mengaku, wilayahnya saat ini nisbi kondusif dan sebagai pimpinan di daerah selalu membuka diri untuk berkomunikasi dengan kelompok tersebut.

Dengan membuka diri dan senantiasa berkomunikasi dengan berbagai elemen masyarakat maka diharapkan tidak lagi terjadi gangguan, ucap Bupati Yuni Wonda berharap. (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tiffanews.com Media Online Pertama Siapkan Rubrik Khusus Freeport Indonesia

TIFFANEWS.COM – Media online Tiffanews.com yang memiliki “Dapur Redaksi” di Jayapura, ibukota Provinsi Papua merupakan media online pertama di Tanah Papua, malahan  Indonesia yang menyediakan “Rubrik Freeport” berisi berbagai informasi tentang PT Freeport Indonesia (PTFI)  yang adalah  salah satu perusahaan tambang mineral tembaga, emas dan perak terbesar di Dunia yang […]
Instagram did not return a 200.
Translate »