Bangga Papua Tuan Rumah, Pedagang Pasar Youtefa Berharap “Berkah” PON XX

Marcel
Mama Merry saat berjualan di pasar Youtefa Abepura. (Foto : Tiffanews.com/Iqra)

TIFFANEWS.COM – Sejumlah pedagang tradisional dipasar Youtefa, Abepura, Kota Jayapura mengaku bangga pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 akan digelar di Provinsi Papua. Para pedagangpun mengaku siap turut menyukseskan geleran olahraga terakbar nusantara yang dilaksanakan setiap EMpat tahun tersebut, dan tentunya berharap pendapatan mereka dapat meningkat saat PON.

Seperti yang dikemukakan salah satu pedagang tradisional di pasar Youtefa, Mama Merry Kogoya. Merry yang kesehariannya berjualan sayur-mayur dan umbi-umbian itu mengharapkan, terselenggarakannya PON XX di Tanah Papua dapat memberikan timbal balik dan keuntungan pada pedagang yang ada di Papua.

“Kami malah lebih senang kalau mereka (atlet dan kontingen-red) berbelanja di tempat kami di pasar ini. Karena bukan hanya menjual sayur, ada juga mama-mama lain yang menjual cinderamata seperti noken dan lainnya,” kata Merry Kogoya, disela berjualan, Kamis (15/07/2021)

Wanita asli Papua dari daerah Pegunungan itu mengaku siap menjual dan mempromosikan makanan khas Papua kepada seluruh pengunjung PON XX jika nanti berbelanja di pasar Youtefa.

“Intinya selama dan setelah PON XX dampak dominan terhadap pertumbuhan ekonomi rakyat harus ada. Ini target kami, dan para pedagang mendapat tempat yang baik dan harapan kami semua daerah Papua memiliki kesempatan yang sama  untuk mempromisikan makanan khas Papua melalui PON XX” ujar Merry Kogoya.

Terselenggaranya PON XX di tanah Papua memang diharapkan bukan hanya soal olahraga, tetapi bagaimana membangkitkan perekonomian masyarakat lokal melalui event nasional tersebut.

Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2021 akan digelar pada tanggal 2-15 Oktober 2021 mendatang.  Total 1783 medali akan diperebutkan oleh para atlet yang akan bertanding dalam Empat klaster penyelenggaraan itu, yakni Kota Jayapura, kabupaten Jayapura, Kabupaten, Mimika dan Kabupaten Merauke.

Dari total 1783 medali yang akan diperebutkan 6496 atlet di even Nasional terakbar Empat tahunan itu, terdiri dari 681 medali emas, 681 medali perak dan 877 medali perunggu.

PON XX Papua mempertandingan 37 cabang olahraga (cabor) dengan 681 disiplin nomor pertandingan. Panitia pertandingan berjumlah 9904 orang, serta 3247 orang official.

Dalam PON Papua kali ini juga akan digelar 10 cabor eksebisi, sebagai syarat cabor tersebut dapat dipertandingkan secara resmi dalam gelaran PON berikutnya. (Cr/4/Cr5/Cel)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Atlet Karate Putri Papua, Erfit Naninti Fokus Pertajam Teknik Andalan

TIFFANEWS.COM – 79 hari menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan berlangsung pada tanggal 2-15 Oktober 2021. Atlet Karate kelahiran Sulawesi Tenggara, Erfit Naninti (26 tahun) yang menjadi Kontingen Karate Putri Papua terus fokus mempertajam teknik andalan. “Persiapannya kita sudah masuk di pra pertandingan dan untuk persiapan itu […]
Instagram did not return a 200.
Translate »