Basket 3×3, PON Papua Ajang Perbasi Jaring Talenta Atlet Muda Berbakat

Tukan Ben
Pemain tim nasional bola basket 3×3 putri Indonesia Nathania Orville (kanan) berusaha mencetak angka di bawah kawalan ketat pemain Jerman Satou Sabally dalam lanjutan Pool A kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 di Graz, Austria, Kamis (27/5/2021). (FIBA)

TIFFANEWS.COM,-  Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 menjadi ajang bagi PP Perbasi untuk menjaring talenta-talenta potensial yang diharapkan dapat memperkuat tim nasional bola basket 3×3 pada masa mendatang.

Wakil Ketua Umum PP PERBASI Bidang Pembinaan dan Prestasi George Fernando Dendeng mengatakan bahwa untuk pertama kalinya 3×3 akan dipertandingkan sebagai cabang resmi di PON sehingga itu menjadi kesempatan untuk federasi mencari atlet muda berbakat sekaligus memperkenalkan 3×3 kepada publik agar lebih dikenal luas.

“Basket 3×3 tahun ini pertama kali dipertandingkan resmi memperebutkan medali di PON. Sebelumnya baru cabang ekshibisi. Sehingga tidak ada tim unggulan yang mendapat keistimewaan khusus selain tim tuan rumah Papua. Undian dilakukan berdasarkan hasil pra-PON yang lalu,” kata George dalam siaran pers Perbasi, Senin (13/9).

Basket 3×3 akan melakukan debut sebagai cabang olahraga resmi yang memperebutkan medali pada PON Papua setelah pada PON Jawa Barat 2016 lalu hanya menjadi cabang ekshibisi.

Ada delapan tim putra dan putri yang bakal berpartisipasi dalam cabang basket 3×3. untuk kategori putra, Grup A diisi Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Papua, dan Jawa Tengah. Sedangkan Grup B ada Jawa Barat, Riau, DKI Jakarta, dan Sumatera Utara.

Pada kategori putri, Grup A mempertemukan tim DKI Jakarta, Sumatera Barat, Papua, dan Kalimantan Barat, sementara Grup B diisi oleh Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.

George menjelaskan apabila basket 3×3 sudah dipertandingkan secara resmi maka ada harapan baru untuk cabang olahraga bola basket 3×3 berkembang lebih pesat lagi.

Dia juga berharap akan semakin banyak anak-anak muda Indonesia yang mulai tertarik untuk menjadi atlet bola basket 3×3.

“Tentunya harapan besar kami dari nomor 3×3 pada PON Papua ini kita bisa mendapat pemain-pemain potensial. Kita sudah lihat ada beberapa nama yang mungkin bisa untuk ke Tim Nasional. Kita lihat mereka akan berproses di PON nanti,” katanya. (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tim Wushu Jatim Targetkan Lima Medali Emas di PON Papua

TIFFANEWS.COM,-  Tim wushu Jawa Timur menargetkan lima medali emas pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar di Papua, 2-15 Oktober 2021. “Harapan kami, semoga bisa sesuai target, yaitu lima medali emas dari 12 medali yang diperebutkan,” ujar Pelatih Puslatda Wushu Jatim Sherly Hoediono  di Surabaya, Senin (13/9), […]
Instagram did not return a 200.
Translate »