BPS : Presentase Penduduk Miskin di Papua Meningkat 0,06 Persen

Tukan Ben
Tangkapan layar rilis BPS terkait ketimpangan di Papua (ANTARA News Papua/Hendrina Dian Kandipi)

TIFFANEWS.COM, – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua mengungkapkan,  persentase penduduk miskin di wilayah Papua selama enam bulan terakhir mengalami peningkatan sebesar 0,06 persen poin yaitu dari 26,80 persen pada September 2020 menjadi 26,86 persen pada Maret 2021.

Kepala BPS Provinsi Papua Adriana Helena Carolina di Jayapura, Kamis (15/7), mengatakan persentase penduduk miskin di Papua untuk daerah perkotaan mengalami peningkatan sebanyak 0,32 persen poin menjadi 4,91 persen.

“Pada September 2020, presentase penduduk miskin untuk daerah perkotaan capai 4,59 persen sedangkan perdesaan naik sebanyak 0,02 persen poin menjadi 35,71 persen di mana pada periode yang sama tercatat 35,69 persen,” katanya.

Menurut Adriana, peranan komoditi makanan terhadap Garis Kemiskinan jauh lebih besar dibandingkan peranan komoditi bukan makanan, baik perkotaan maupun perdesaan.

“Pada Maret 2021, sumbangan Garis Kemiskinan Makanan terhadap Garis Kemiskinan di perkotaan sebesar 67,45 persen, sedangkan perdesaan sebesar 78,72 persen,” ujarnya.

Dia menjelaskan komoditi makanan yang berpengaruh besar terhadap GK Provinsi Papua di daerah perkotaan adalah beras, rokok kretek filter, daging ayam ras, telur ayam ras, dan tongkol atau tuna atau cakalang.

“Sedangkan komoditi makanan yang berpengaruh besar terhadap GK di perdesaan adalah ketela rambat atau ubi, beras, rokok kretek filter, daging babi, dan daging ayam ras,” katanya lagi.

Dia menambahkan pada periode September 2020-Maret 2021, Indeks Kedalaman Kemiskinan (P1) dan Indeks Keparahan Kemiskinan (P2) menunjukkan kecenderungan turun, di mana hal ini mengindikasikan bahwa rata-rata pengeluaran penduduk miskin cenderung mendekati garis kemiskinan dan ketimpangan antar penduduk miskin semakin berkurang dibanding periode sebelumnya. (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

BPS:Tingkat Ketimpangan Pengeluaran Penduduk di Papua Tercatat 0,397

TIFFANEWS.COM, – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua menyatakan tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk di wilayah ini yang diukur dengan Gini Ratio adalah sebesar 0,397 pada Maret 2021. Kepala BPS Provinsi Papua Adriana Helena Carolina di Jayapura, Kamis (15/7), mengatakan angka ini meningkat sebesar 0,002 poin jika dibandingkan dengan Gini Ratio […]
Instagram did not return a 200.
Translate »