oleh

Bupati Ricky Ham Pagawak Terpilih Jadi Ketum Pertina Papua

-BERITA-173 views

TIFFANEWS.COM-Bupati Memberamo Tengah (Mamteng) Ricky Ham Pagawak akhirnya menjabat sebagai Ketua Umum Pertina Papua setelah terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Provinsi (Musprov) Pertina Papua yang digelar di Jayapura, Jumat (20/11).

Sementara itu proses pemilihan yang awalnya diikuti dua bakal calon, pada akhirnya dilakukan secara aklamasi setelah salah satu bakal calon yakni, Jasmani dengan sikap legowo mundur dalam pencalonan pada saat penyampaian visi dan misi.

Ketua Umum Pertina Papua terpilih, Ricky Ham Pagawak menyampaikan rasa terima kasih kepada semua panitia dan semua pihak yang telah mensukseskan Musprov Pertina Papua ini dengan baik.

“Puji Tuhan karena Musprov nya berjalan lancar, aman dan tertib serta sesuai dengan aturan yang ada.Terima kasih karena sudah memilih saya untuk menjabat sebagai Ketua Umum Pertina Papua,”ungkap Ham Pegawak.

Pria yang biasa di sapa RHP ini menjelaskan, setelah terpilih menjadi Ketua Umum Pertina Papua maka selanjutnya dalam tiga hari kedepan pihaknya akan mulai mempersiapkan untuk pembentukan kepengurusan Pengprov Pertina Papua hingga pelantikan nanti.

Selain itu yang menjadi pusat perhatiannya pula terutama agenda Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan digelar pada tahun 2021 mendatang untuk mempersiapkan berbagai hal baik atlet dan juga fasilitas pendukung latihan untuk atlet itu sendiri.

“Setelah ini saya akan cek kesiapan atlet dulu. Atlet tinju PON kita sedang jalani pemusatan latihan di Jayapura ini. Apakah mereka selama ini jalani latihan dengan baik atau masih ada yang kurang untuk kita penuhi lagi,”tuturnya.

RHP yang kini masih aktif menjabat sebagai Bupati Memteng ini menambahkan, akan ada beberapa program jangka pendek dan jangka panjang yang akan dikerjakan untuk mempersiapkan atlet tinju Papua menuju ke PON 2021 mendatang.

Ia pun berharap pada PON 2021 mendatang, atlet tinju PON Papua yang kini sudah dipersiapkan ini bisa mendulang prestasi bagus yakni medali emas. Karena itu memang menjadi harapan besarnya dan juga KONI Papua.

“Kalau bisa dari 17 medali emas yang diperebutkan pada cabor Tinju di PON 2021 itu, atlet kita bisa dapat 15 medali emas. Sehingga untuk mencapai itu harus ada kerja keras baik dari pengurus maupun atlet itu sendiri,”tuturnya.

RHP mengaku, olahraga tinju merupakan salah satu cabang olahraga unggulan di Papua. Namun diakuinya dalam beberapa tahun terakhir ini ada penurunan prestasi yang diraih oleh para petinju-petinju Papua.

Hal ini disebabkan karena berbagai faktor, pertama kurang adanya pembinaan secara berjenjang yang dilakukan oleh pengurus selama ini, termasuk untuk melakukan berbagai even kejuaran di tingkat daerah.

Selain itu pembinaan terhadap atlet tinju sangat kurang. Seharusnya ada pembinaan atlet mulai dari usia dini. Jangan begitu ada even nasional PON seperti ini baru pengurus sibuk dari atau seleksi atlet.

“Kalau kita sudah punya atlet khusus yang dibina oleh Pertina Papua sendiri itu sangat bagus. Sehingga begitu ada even kita tidak sibuk cari atlet, yang ada ini kita tinggal bina dia baik dan poles untuk meningkatkan jam terbang tandingnya,”pintanya.

RHP pun berjanji akan melakukan even kejuaraan tingkat daerah untuk nantinya bisa menjaring petinju-petinju putra dan Putri asli Papua.

“Kita tau Papua ini gudangnya atlet, banyak anak-anak Papua asli di daerah. Sekarang bagaimana kita menjaring mereka dan melakukan seleksi untuk selanjutnya dibina mejadi atlet tinju Papua yang bisa diandalkan kedepannya,”tutup Bupati, Ricky Ham Pegawak. (ans)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed