Bupati Jayapura Hadiri Pelantikan Pengurus Kerukunan Keluarga Daerah Barru

Tukan Ben
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw diserahkan pakaian khas Bugis dengan cara dipasangkan Songkok Recca dan menyerahkan Sarung Sutra (Lipa’ Sabbe) oleh sesepuh KKDB yang juga Ketua Sopan Kabupaten Jayapura H. Abd. Karim (Foto : Irfan/tiffanews)

TIFFANEWS.COM,-  Di tengah kesibukan sebagai orang nomor satu di Kabupaten Jayapura, Papua. Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, menyempatkan diri hadir dalam acara pengukuhan dan pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kerukunan Keluarga Daerah Barru (KKDB) Kabupaten Jayapura periode 2020-2025.

Pengukuhan dan pelantikan yang berlangsung di Ballroom Hotel Grand Allison, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura ini, Kabupaten Jayapura,Sabtu (26/6), berlangsung meriah dengan dengan tetap mengikuti peraturan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Pelantikan ini juga dihadiri Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, Anggota DPR Papua yang juga Ketua DPP KKM Bone Provinsi Papua H. Darwis Massie, SE, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Jayapura Drs. H. Muhammad Amin, Ketua BPD KKSS yang juga Anggota DPRD Kabupaten Jayapura H. Wagus Hidayat, SE, sejumlah ketua-ketua paguyuban, ketua-ketua pilar yang ada di KKSS, unsur Forkompimda dan tamu undangan lainnya.

KKDB yang merupakan salah satu pilar KKSS itu secara garis besar ialah sebagai salah satu organisasi sosial kemasyarakatan yang menghimpun warga masyarakat Barru di seluruh penjuru wilayah Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura yang pada dasarnya memiliki potensi dan kemampuan cukup besar.

“Semoga amanah yang dipercayakan warga Bugis Barru ini kepada ketua KKDB terpilih, bukan saja dapat semakin memajukan organisasi ini, tetapi juga turut mendukung dalam memajukan percepatan keberhasilan seluruh aspek pembangunan di Kabupaten Jayapura yang sama-sama kita cintai ini,” kata Bupati Mathius Awoitauw kepada wartawan usai menghadiri acara pelantikan dan pengukuhan Pengurus KKDB.

Bupati Jayapura dua periode ini pun mengajak segenap warga Bugis Barru yang ada di Bumi Khenambay Umbay ini, terutama yang telah menjadi penduduk tetap dan mengantongi Kartu Tanda Penduduk, untuk bersama-sama dengan paguyuban atau masyarakat lainnya membangun daerah lebih baik.

Kehadiran orang Bugis Barru di Kabupaten Jayapura tentunya memiliki potensi untuk menciptakan sinergi dengan visi misi dari pemerintah daerah. Termasuk juga di antaranya sebagai jembatan komunikasi Pemerintah Kabupaten Barru dengan Kabupaten Jayapura.

“Kalau bisa merangkul semua paguyuban yang ada di Kabupaten Jayapura. Kehadiran kita disini untuk memberi support dan spirit, karena pemerintah tidak bisa jalan sendiri, semua warga yang ada di Kabupaten Jayapura adalah warga masyarakat yang selalu bersama-sama. Jadi pemerintah tidak bisa jalan sendiri, sehingga paguyuban-paguyuban seperti ini yang bisa kita rangkul dan saling silaturahmi. Supaya merasa ada bersama-sama terus dengan pemerintah,” ucapnya.

Lanjut Mathius menyampaikan, kehadiran dirinya hanya memberikan spirit dan support kepada pengurus KKDB dalam hal ini warga Bugis Barru, bahwa Negara ada di tengah-tengah masyarakat sebagai pemerintah.

“Selamat kepada ketua dan pengurus KKDB Kabupaten Jayapura yang baru dilantik, semoga dapat mengemban amanah yang baik bagi KKDB atau warga Bugis Barru di Kabupaten Jayapura dan menciptakan keharmonisan serta keselarasan bersama pemerintah daerah,” ucapnya.

Mathius Awoitauw mengakui bahwa pemerintah daerah tidak membatasi masyarakat yang ingin berkembang di bidang apapun. Mathius juga meyakini dan percaya kerukunan, paguyuban atau organisasi masyarakat lainnya merupakan bagian terpenting dalam memajukan suatu daerah.

Bupati berharap anggota dan pengurus KKDB bisa ikut mensukseskan program pemerintah dalam hal ini vaksinasi dan juga pelaksanaan PON XX tahun 2021 Papua di Kabupaten Jayapura.

“Beberapa waktu yang lalu, kita sudah pertemuan dengan semua paguyuban. Bahwa setiap warga masyarakat di Papua punya hak yang sama untuk mensukseskan PON dan panitia ini hanya alat saja untuk mengorganisir. Saya berharap kita semua berpartisipasi dukung dan sukseskan PON, kemarin (Jumat, 25/6) juga dengan masyarakat adat lakukan pertemuan di kediaman, itu juga dalam rangka sukseskan PON. Jadi semua harus terlibat, tidak bisa hanya panitia kerja sendiri,” harap Bupati Jayapura.

Untuk diketahui, Ketua DPW KKDB Papua H. Ibrahim Mangenre, S.Sos, yang secara resmi melantik anggota dan pengurus KKDB Kabupaten Jayapura periode 2020-2025 yang diketuai Cuncung. (Irf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Administrasi Rampung, Dana PON untuk Kabupaten Jayapura Dipastikan Cair Pekan Depan

TIFFANEWS.COM,-  Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura memastikan pekan depan PB PON XX Papua akan menyerahkan anggaran (dana) untuk mempersiapkan penyelenggaraan PON XX 2021 Papua. “Itu (dana PON) minggu depan turun. Mudah-mudahan minggu depan sudah turun. Semua administrasi minggu ini sudah diselesaikan, tidak ada alasan lagi harus minggu depan […]
Instagram did not return a 200.
Translate »