Bupati Jayawijaya : Di Kampung Harus Punya Koperasi

Tukan Ben

TIFFANEWS.COM,- Bupati Jayawijaya, Provinsi Papua Jhon Richard Banua mengajak masyarakat membuat koperasi kampung untuk memudahkan mereka memiliki komoditas dengan harga murah.

Jhon Richard Banua di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Jumat (11/6),  mengatakan pembangunan koperasi kampung juga akan memberikan pendapatan bagi masyarakat di kampung bersangkutan.

“Di kampung harus punya koperasi dengan menggunakan dana kampung,” katanya.

Jika ada kampung yang membuat koperasi maka bupati akan memberikan rekomendasi untuk pengurus koperasi kampung berbelanja di koperasi milik pemda Jayawijaya.

Koperasi Pemda Jayawijaya di Disperindakop Jayawijaya. (Foto : ANTARA/Marius Frisson Yewun)

Di koperasi milik pemda yang ada di Kantor Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan itu, harga komoditas di sana sangat murah sebab menggunakan jasa penerbangan subsidi pemerintah.

“Kalau kampung buat koperasi, itu bisa jual dengan harga Wamena (sama seperti harga di pusat kota), jadi mama-mama yang mau belanja, tidak perlu butuh transportasi lagi ke kota, ada barang subsidi di disperindag, cukup beda, cukup jauh harganya dengan yang ada di pasaran,” katanya.

Menurut Jhon, jika koperasi kampung itu diisi dengan barang dagang yang dibeli dari luar koperasi pemda maka koperasi kampung yang dibangun akan sulit bersaing.

“Kalau untuk koperasi kampung, saya akan berikan izin untuk mengambil di diperindakop karena bisa menjual di distrik atau kampung dengan harga yang sama dengan di kota,” katanya. (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemkab Puncak Jaya Terus Tingkatkan Pangan Lokal

TIFFANEWS.COM,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Puncak Jaya terus berupaya meningkatkan produksi pangan lokal melalui pemberdayaan masyarakat di wilayahnya. Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda kepada Antara di Mulia, Jumat (11/6), mengatakan hal ini dilakukan agar masyarakat tidak kesulitan memenuhi kebutuhan pangan khususnya di masa pandemi COVID-19. “Jadi kami membuat program untuk memberikan […]
Instagram did not return a 200.
Translate »