Bupati RHP Dukung Penyelesaian Terjemahan Alkitab Bahasa Una Langda 

Marcel
Bupati Ricky Ham Pagawak juga berkesempatan memberikan bantuan senilai Rp100 juta yang diterima Misionaris Dick Kroneman Bersama istrinya guna mendukung penyelesaian terjemahan Alkitab Bahasa Una Langda. (Foto : Istimewa/Reis Masela)

TIFFANEWS.COM – Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP), Rabu (30/6/2021), mengunjungi kediaman Misionaris asal Belanda Dick Kroneman, salah satu tim yang menterjemahkan Alkitab dalam Bahasa Una Langda di Kawasan Pos 7 Sentani Kabupaten Jayapura,.

Bahasa Una Langda sendiri merupakan salah satu bahasa asli masyarakat di salah satu daerah di Kabupaten Yahukimo yang berbatasan dengan Kabupaten Pegunungan Bintang.

Selain berdialog dengan Pdt. Dick Kroneman bersama istrinya dalam suasana keakraban, Bupati Ricky Ham Pagawak juga berkesempatan memberikan bantuan senilai Rp100 juta yang diterima Dick Kroneman.

Pdt. Dick Kroneman menyampaikan terima kasih kepada Bupati Mamberamo Tengah yang sudah memberikan bantuan guna mendukung proses terjemahan Alkitab dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Una Langda.

“”Atas nama Gereja GJRP dan tim penulis, kami menyampaikan terima kasih kepada Bupati Mamberamo Tengah atas dukungannya,”ujarnya.

Menurutnya, bantuan dana yang diberikan ini, akan digunakan untuk membiayai cetakan Alkitab Bahasa Una Langda yang rencananya akan dicetak Lembaga Alkitab Indonesia sebanyak 1000 buah.”Sesuai rencana Alkitab terjemahan Bahasa Una Langda akan dicetak pada Januari 2022, ” ujarnya.

“Dari jumlah itu, akan dicetak juga Alkitab yang sedikit lebih besar dari biasanya. Alkitab ini akan dipakai para pendeta saat memimpin ibadah nantinya,”tambahnya.

Pdt. Kroneman mengaku, bersyukur sebab lewat proses yang panjang, akhirnya terjemahan Alkitab dalam Bahasa Una Langda ini bisa selesai, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru.

Bupati RHP berbincang bersama misionaris asal Belanda Dick Kroneman, salah satu tim yang menterjemahkan Alkitab dalam Bahasa Una Langda di Kawasan Pos 7 Sentani Kabupaten Jayapura,. (Foto : Istimewa/Reis Masela)

Proses pengerjaan terjemahan Alkitab ke dalam Bahasa Una Langda memang memakan yang panjang. Proses itu dimulai sejak tahun 1992 yang melibatkan tim dan juga masyarakat setempat.

Pdt. Kroneman mengaku, dirinya bersama tim, menerjemahkan Alkitab bagi masyarakat Una Langda, tidak lain adalah untuk membantu masyarakat agar bisa membaca dan mengenal Alkitab dalam bahasa mereka sendiri.

Sementara Bupati Ricky Ham Pagawak mengatakan,  misonaris waktu itu bawa injil ke daerah pegunungan, maka hasil dari itu, dirinya menjadi bupati, sehingga ini merupakan kewajiban untuk melihat pekerjaan Tuhan. Salah satunya mendukung proses terjemahan Alkitab ke dalam Bahasa Una Langda.

Menurut Bupati RHP, dengan diterjemahkan Alkitab Bahasa Una Langda, maka masyarakat bisa dekat dengan Tuhan lewat membaca Alkitab dalam bahasa mereka sendiri.

Lebih jauh Bupati RHP menuturkan, pihaknya  juga memberikan bantuan yang sama bagi Pdt. Paul  Eltrithon yang menterjemahkan Alkitab dalam bahasa Gem. Bahasa Gem sendiri merupakan bahasa sehari suku Kobakma di ibu kota Kabupaten Mamberamo Tengah. (Cel)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

GIDI Wilayah Yamo Pertanyakan Status Tanah Bandara Mulia dan Kompensasi

TIFFANEWS.COM – Kuasa Hukum Gereja GIDI wilayah Yamo, Titus Tabuni menyebut, kliennya mempertanyakan kepemilikan tanah yang menjadi lokasi bandara Mulia, kabupaten Puncak Jaya, kejelasan penggunaan tanah tersebut, serta kompensasi atas penggunaan tanah bandara Mulia itu kepada pemerintah kabupaten Puncak Jaya dan pihak maskapai. Menurut Titus TAbuni, lokasi bandara Mulia adalah […]
Instagram did not return a 200.
Translate »