oleh

Dishub Kabupaten Jayapura Minta PLN Rapikan Kabel Sepanjang Danau Sentani

-BERITA-155 views

TIFFANEWS.COM-Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw meminta kepada pihak PLN Ranting Sentani untuk merapikan jaringan kabel listrik yang melintas di sejumlah tempat di Danau Sentani Kabupaten Jayapura.

Hal ini berkaitan dengan jalur pelayaran Kapal Pariwisata milik Pemerintah Daerah yang kesulitan dalam berlayar ke sejumlah tempat di Danau Sentani seperti Kampung Asei Pulau, Kampung Dondai, dan beberapa tempat lainnya.

“Kapal pariwisata kita, tingginya mencapai 15 meter, dan kesulitan melewati jalur yang ada kabel listrik di atasnya, sehingga kita minta PLN Ranting Sentani untuk mereka rapikan lebih baik lagi,” ungkap Alfons usai rapat koordinasi dengan sejumlah Pimpinan OPD teknis di Aula Lantai Dua Kantor Bupati Jayapura. Senin (6/7).

Alfons mengaku, permintaan pihaknya sudah dalam bentuk surat yang disampaikan kepada pihak PLN Ranting Sentani, namun pihaknya kini sedang menunggu realisasinya agar operasional kapal pariwisata harus berjalan.

Di samping itu, mengingat PON XX tahun 2012 dimana Kabupaten Jayapura menjadi salah satu tuan rumahnya dan danau sentani juga menjadi salah satu obyek wisata yang otomatis banyak dikunjungi oleh peserta PON pada saat itu nanti.

“ Permintaan ini bukan kebutuhan dinas perhubungan, tetapi kebutuhan daerah, oleh sebab itu kita berharap agar hal ini dapat disikapi dengan segera oleh PLN Ranting Sentani,” tuturnya.

Menurutnya, Kapal Pariwisata yang akan dioperasikan dalam melayani kebutuhan masyarakat untuk menikmati pelayaran di Danau Sentani beberapa waktu terpaksa harus di-pending oleh pihaknya, hal ini disebabkan karena jalur-jalur pelayaran yang masih terhambat oleh bentangan kabel listrik.

Sebagai penyedia jasa (operator pelayaran),  pihaknya harus lebih dulu memastikan jalur-jalur pelayaran dalam kondisi aman. Untuk paket perjalanan akan diatur oleh dinas pariwisata, sementara infrastruktur dermaga dan jembatan akan diurus oleh dinas pekerjaan umum.

Assiten II Sekda Kabupaten Jayapura, Edi Susanto menjelaskan, untuk proses pembersihan jalur jaringan listrik milik  PLN, tentunya akan dibersihkan setelah adanya pemetaan rute dan tour wisata yang akan dilakukan di setiap lokasi.

“Jelas sisi pariwisata tentunya akan sangat mengganggu, tetapi juga dinas terkait harus membuat pemetaan dan rute perjalanan tour wisata di danau sentani. Selain itu pihak PLN akan mencari alternatif lain untuk pemasangan jaringan listriknya,” tambah Edi Susanto.(ans/dus).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed