Empat Atlet Papua Lolos Seleknas Kurash Sea Games

Marcel

.

Empat orang atlet Kurash Papua yang lolos Seleknas Sea Games. (Foto : Dok Pengurus Kurash Papua)

TIFFANEWS.COM – Atlet asal Papua terus menunjukan kualitasnya dalam sejumlah kejuaraan tingkat nasional. Hal ini sekaligus menjadi modal berharga kontingen Kurash mengarungi Pekan OLahraga Nasional (PON) XX pada bulan Oktober mendatang. Dimana, Kurash akan menjadi salah satu Cabor eksebisi yang dipertandingkan di PON XX Papua 2021.

Kali ini, Empat atlet dari Papua Kembali meraih hasil gemilang dalam Seleksi Nasional (Seleknas) Kurash yang digelar di Bandar Lampung pada 11-13 Juni 2021 lalu.

Empat orang atlet Kurash Papua yang berprestais ini, dinyatakan lolos seleksi dan akan mengikuti Training Center (TC) alias pemusatan Latihan guna mengikuti ajang Sea Games.

Mereka masing-masing Marcelina Papara kelas 78 Kg yang mampu meraih juara 1 dan meraih pemain terbaik. Esipkon Kaladana juara 2 kelas 73 Kg, Viktor Sibi Juara 3 kelas 90 Kg dan Abram Usyor juara 3 kelas 66 Kg.

Ketua Umum Federasih Kurash Indonesia Pengprov Papua, Berth Leonard Sibi kepada Tiffanews.com, Rabu (23/06/2021) menjelaskan, Empat atlet Kurash Papua itu, akan mengkuti pemusatan latihan yang dilakukan di Lampung mulai 1 Juli 2021.

Dikemukakan Berth Sibi, Kurash memang salah satu cabor yang baru di Papua, namun cabor ini bukan baru tetapi sudah beberapa kali mengukir prestasi dikancah nasional maupun internasional seperti Asian-Games dan Sea-Games.

“Kurash di PON Papua nanti menjadi salah satu cabor eksebisi yang akan dilaksanakan Gor Bapelkes 4-6 Oktober 2021. Karena PON Berikut aceh sumut Kurash sudah di pertandingkan secara Resmi,” ujar Berth.

Kurash adalah olahraga baru di Indonesia sejak 2016. Meski begitu, cabor ini punya prestasi internasional baik Asian Games/Sea Games. Salah satu atlet Papua yang memperkuat tim Indonesia di Asian Games Jakarta/Palembang atas nama Marcelina Papara.

“Tahun ini juga Marcelina Papara dan tiga rekannya sudah lolos dan akan mengikuti pelatnas tahun ini dan pemusatan latihan akan dimulai di Lampung 1 Juli 2021. Kita sudah menyurati KONI perihal mendaftar sebagai anggota KONI Papua dan kita di Indonesia sudah ada di 29 Provinsi diseluruh Indonesia,” ungkapnya.

Adapun susunan pengurus Kurash Pengprov Papua antara lain, Berth Leonard Sibi (Ketua Umum Federasi Kurash Indonesia Pengprov Papua. Pelatih: Ruddy Cristian Yanggo. (Cel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polri: Tidak Semua Wilayah Papua Terjadi Kekerasan Oleh KKB

TIFFANEWS.COM,-  Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri memaparkan tidak semua wilayah di Papua terjadi kekerasan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Hal itu dikatakan Baintelkam Polri  di depan mahasiswa peserta seminar nasional yang digagas BEM Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). “Namun tidak semua wilayah di Papua terjadi kekerasan bersenjata, namun hanya […]
Instagram did not return a 200.
Translate »