oleh

Freeport Salurkan Bantuan 6 Ton Bahan Makanan untuk Korban Banjir di Iwaka

TIFFANEWS.COM,– PT Freeport Indonesia (PTFI) menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana banjir bandang di Kampung Iwaka dan Jalan Trans Nabire, Mimika, Papua.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Nathan Kum Vice President Community Development PTFI) dan Yohanes Bewahan (Manager Community Development – Social Local Development) yang diterima Wakil Bupati Mimika, Johanes Rettob, di kantor Posko Bantuan Bencana BNPB Kabupaten Mimika, jalan Busiri, Timika, Papua.Kamis (30/7)

Bantuan yang diberikan PTFI berupa bahan makanan kebutuhan pokok darurat dengan total berat kurang lebih 6 ton itu, selanjutnya diserahkan ke Kepala BPBD Kabupaten Mimika untuk didistribusikan kepada masyarakat yang tertimpa bencana banjir.

“Mewakili seluruh karyawan PTFI, kami turut prihatin atas banjir bandang yang melanda saudara-saudara kita di kampung Iwaka dan sekitarnya, terlebih karena bencana ini terjadi di tengah pandemi yang tentunya pasti terasa berat bagi kita semua. Untuk itu, kami menanggapi apa yang disampaikan pemerintah melalui bapak Wakil Bupati yang berkomunikasi dengan pimpinan kami,” kata Nathan Kum.

Penyerahan bantuan 6 ton makanan dari Freeport untuk korban banjir Iwaka Mimika. (Dok : Ist)

Nathan berharap agar bantuan ini tidak dilihat dari besarnya tapi merupakan bentuk kepedulian dari perusahaan untuk saudara-saudara di kampung Iwaka dan sekitarnya yang terkena musibah banjir.

“Saat ini, kami antarkan bantuan dari kami, mohon jangan dilihat dari besarnya tapi ini merupakan kepedulian kami semua dari perusahaan untuk saudara-saudara kami di kampung Iwaka dan sekitarnya yang terkena musibah banjir. Semoga hal ini bisa membantu meringankan beban saudara-saudara kami yang terkena banjir,” jelas Nathan.

Banjir bandang ini memaksa ratusan keluarga di Kampung Iwaka dan sekitarnya terisolasi dan tidak bisa melakukan aktifitas sehari-hari karena terkepung banjir, seluruh bangunan fasilitas umum seperti gedung SD YPPK Iwaka juga terendam banjir dengan ketinggian air sekitar satu setengah meter.

Banjir sudah mencapai lima distrik, distrik Kuala Kencana, distrik Iwaka, distrik Mimika Tengah, Distrik Mimika Barat, distrik Mimika Barat Jauh. Tidak hanya itu, banjir bandang juga telah merusak dan memutus jalan Trans Nabire yang menghubungkan Kabupaten Deiyai dan Kabupaten Mimika.

Mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, Wakil Bupati Mimika, Johanes Rettob yang menerima langsung bantuan dari PTFI mengatakan sangat berterima kasih atas bantuan yang PTFI berikan bagi para korban banjir bandang.

Penyerahan bantuan 6 ton makanan dari Freeport untuk korban banjir Iwaka Mimika. (Dok : Ist)

“Kami yakin bantuan ini akan sangat berarti bagi mereka karena kebutuhan pokok sehari-hari dapat tetap terpenuhi. Semoga situasi segera pulih, air segera surut, dan masyarakat bisa melakukan aktifitasnya kembali. Saat ini jalan trans Nabire terputus, kami (Pemerintah – Red) sudah berkomunikasi dengan menteri PUPR untuk perbaikan dan pemulihan namun pasti hal ini akan makan waktu yang cukup lama,” kata Johanes Rettob.

Wakil Bupati menjelaskan, saat ini pemerintah dengan BNPB sedang mengupayakan distribusi logistik untuk masyarakat secepatnya. Pemerintah terus memantau perkembangan khususnya yang masih terisolasi.

“Sambil menunggu surutnya air, kami akan terus memantau perkembangan kebutuhan para korban khususnya yang masih terisolasi. Sekali lagi saya mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika mengucapkan terima kasih kepada PT Freeport Indonesia yang telah memberikan bantuan ini dan salam kami untuk semua karyawan,” Wakil Bupati.

Wakil Bupati Mimika pada kesempatan yang sama juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat yang tergerak hatinya untuk membantu silahkan diserahkan ke BNPB, dalam hal ini semua bantuan hanya melalui satu pintu yaitu BNPB. Masyarakat tidak diperkenankan datang langsung baik secara individu maupun organisasi datang ke lokasi. Karena masih sangat berbahaya. Untuk itu semua bantuan silahkan diserahkan melalui BNPB Kabupaten Mimika. (*bn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed