Hasil Hitung Cepat PSU Boven Digoel, Hengki – Lexi Menang Telak

Tukan Ben
ARSIP FOTO : PSU di Boven Digoel yang dilaksanakan Sabtu (17/7) tetap menerapka protokol kesehatan terkait COVID-19. (Foto : ANTARA/HO/Bawaslu Papua)

TIFFANEWS.COM – Hasil hitung cepat (quick count) pada Pemilihan Suara Ulang (PSU) Kabupaten Boven Digoel yang digelar, Sabtu (17/7)  menyatakan secara terang benderang bahwa pasangan calon bupati  Hengki Yaluwo,S.Sos dan calon wakil bupati Lexi Romeul Wagiu (Helex) menang telak di hampir semua tempat pemungutan suara (TPS).

Laporan salah seorang pengelola mesin hitung cepat, Ardi dari Tanah Merah, ibukota Kabupaten Boven Digoel, Senin (19/7) dini hari bahwa pasangan Helex meraih kemenangan yang menakjubkan mengungguli  dua pasangan cabup dan cawabup peserta PSU lainnya.

“Kami memiliki mesin hitung cepat di semua TPS dan berdasarkan foto  dokumen asli model C1 hasil  KWK maka kami  berani menyatakan bahwa pasangan Helex memenangkan PSU di hampir semua TPS dan  Helex benar-benar meraih kemenangan telak,” kata Ardi melalui telepon selularnya dengan nada penuh riang gembira.

Dia mengatakan, data hitung cepat yang dimiliki teamnya, menyatakan bahwa dari 201 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 20 distrik dan 109 kampung, hanya tinggal satu TPS yang belum mendapatkan laporan hasil PSU pola hitung cepat sedangkan TPS lainnya sudah masuk ke mesin hitung cepat dengan bukti yang sangat akurat.

“Dari hitung cepat ini,  hasil yang kami dapatkan adalah pasangan  Helex memperoleh suara  sementara sebanyak 10.798 suara atau 52 persen, pasangan Martinus dan Isak (Maris)  memperoleh 8.753 suara atau 42 persen dan pasangan Chaerul Anwar dan Nathalis Kaket (Warna)  memperoleh  1.244 suara atau 6 persen.

Pihaknya kini menunggu hasil akhir hitungan cepat yang sedang dikerjakan Team kemenangan  Helex sambil dengan penuh kesabaran menanti pengumuman kemenangan Helex yang disampaikan secara resmi oleh KPU Kabupaten Boven Digoel.

Ardi mengakui bahwa kemenangan yang menakjubkan yang diperoleh Paslon Helex pada pesta demokrasi PSU  kali ini  tidak terlepas  sama sekali dari pengaruh sangat kuat dari tokoh masyarakat yang sangat disegani dan dihormati masyarakat adat Boven Didgoel yakni Bapak Yusak Yaluwo, SH.M.Si dan Yakob Weremba, S.PAK yang pada Pilkada Desember 2020 lalu ikut bertarung dan meraih kemenangan mutlak namun pada akhirnya legowo menerima keputusan MK setelah pasangan yang kalah pada Pilkada itu menggugat kemenangan mereka  di MK.

“Ketokohan Yusak Yaluwo dari dulu sampai sekarang itulah yang mengalahkan janji-janji manis dari yang lainnya, juga mengalahkan uang dan hadiah-hadiah lainnya. Mungkin saja rakyat menerima pemberian itu,  namun rakyat pun tetap mendengar dan patuh kepada arahan bapak Yusak untuk memenangkan  pasangan Helex. Hadiah, mungkin saja  diterima tetapi memilih orang, ya..sabar dulu,” katanya.

Menurut dia,  loyalitas rakyat kepada  Yusak Yaluwo dibuktikan  hari ini lagi  oleh rakyat Boven Digoel  secara sengat telanjang melalui kemenangan pasangan Helex.

Pola hitung cepat yang dulu digunakan untuk memenangkan pasangan Yusak Yaluwo dan Yakob Weremba itu,  kini digunakan lagi oleh pasangan Helex. Team hitung cepat kemenangan pasangan Helex adalah Team yang dulu bekerja untuk kemenangan  Yusak dan Bapak Yakob pada Pilkada Boven Digoel tahun 2020 lalu.

“Mungkin saja, ada pihak yang selama ini menganggap remeh pada pasangan Helex tetapi ternyata, yang diremehkan itulah yang dipilih mayoritas rakyat. Rakyat memang mencintai orang yang sederhana dan yang dianggap tidak berarti dimata sesama manusia lainnya. Allah Maha Besar punya rencana besar, agung dan mulia untuk  tanah  bersejarah Boven Digoel melalui  tangan Bapak Yusak Yaluwo yang kini dilanjutkan dalam tangan pasangan Helex,” katanya.

Boven Digoel adalah tanah bersejarah tempat pembuangan   Bapak Muhammad Hatta – salah satu peletak dasar lahirnya  Indonesia Raya.  Bersama Bung Karno, keduanya adalah Proklamator Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945.

Patut diketahui bahwa pelaksanaan PSU di Kabupaten Boven Digoel pada Sabtu (17/7) itu dikawal ketat oleh aparat keamanan gabungan Polri dan TNI sebanyak 400 personel.

“PSU telah berakhir dengan kemenangan mutlak yang diraih pasangan Helex. PSU berlangsung dalam suasana aman dan kondusif. Kemenangan pasangan Helex merupakan juga kemenangan kembali pasangan Yusak Yaluwo – Yakob Weremba. Habis gelap terbitlah terang,” katanya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Provinsi Papua,  Ronald Manoach mengaku dari hasil monitoring yang dilakukan di Distrik Mindiptana,  pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di Boven Digoel tetap mematuhi Protokol Kesehatan terkait Covid-19. Protokol kesehatan benar-benar diterapkan sehingga bagi pemilih yang datang ke TPS tidak menggunakan masker maka petugas akan segera memberikan peringatan dan meminta langsung memakai masker.

“PSU Boven Digoel berlangsung dalam suasana pandemi Covid 19 namun Prokes tetap diterapkan demi keselamatan nyawa semua orang,” katanya. (Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Harhan Bantu Korban Kebakaran di Kompleks Abe Indah Penampungan

TIFFANEWS.COM,- Sebanyak 24 kepala keluarga (KK) warga Kompleks Abe Indah (Penampungan), Jalan Baru Tembus Melati, RT 004 RW 003, Kelurahan Yobe, Distrik Abepura, Kota Jayapura yang tertimpa musibah kebakaran pada Rabu (14/7/2021) subuh lalu, mendapat bantuan berupa paket sembako dan juga uang tunai untuk pembangunan Masjid Riyadul Jannah dari Anggota […]
Instagram did not return a 200.
Translate »