Kinerja Pengabdian Masyarakat, Uncen Capai Peringkat Sangat Bagus

0
109
Gedung LPPM Uncen. (Dokumentasi : Tiffanews)

TIFFANEWS.COM,- Perguruan tinggi memiliki kewajiban untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain melaksanakan bidang pendidikan dan penelitian, perguruan tinggi memiliki kewajiban memanfaatkan hasil-hasil penelitian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan yang disebut sebagai pengabdian ini juga turut menentukan kualitas kinerja perguruan tinggi.

Kinerja pengabdian kepada masyarakat diukur oleh Ditjen Ristek dan Pengembangan Kemenristekdikti untuk melihat seberapa baik implementasi pemenuhan standar nasional pengabdian kepada masyarakat.

Pengukuran mencakup aspek-aspek sumber daya, manajemen, baik yang terkait proses, pelaksanaan maupun penilaian pengabdian kepada masyarakat, aspek luaran dan revenue yang dihasilkan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Dari keseluruhan aspek, luaran mendapatkan porsi penilaian terbesar. Luaran dapat diwujudkan dalam bentuk publikasi PPM di media cetak, elektronik dan daring, pendaftaran HAKI serta buku.

Pengumpulan data dilakukan secara elektronik melalui Simlitabmas sehingga mempermudah perguruan tinggi dalam proses pelaporan. Data yang sudah terkumpul dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, terutama evaluasi dan pelaporan internal dan eksternal.

Secara nasional, data yang terkumpul di Simlitabmas digunakan untuk pemetaan kelompok perguruan tinggi. Skor kinerja menentukan kelompok (klaster) perguruan tinggi. Klaster meliputi unggul, sangat bagus, memuaskan dan kurang memuaskan.

Staf dan karyawan LPPM (Dokumentasi : Tiffanews)

Setelah bekerja keras selama beberapa tahun, Universitas Cenderawasih kini menduduki Peringkat Sangat Memuaskan. Pencapaian tersebut tertuang dalam surat keputusan Dirjen Penguatan Risbang nomor 29/E/KPT/2019 tanggal 27 September 2019, tentang Pemeringkatan Perguruan Tinggi berbasis Kinerja Pengabdian Kepada Masyarakat tahun 2016-2018. Sebelumnya, tahun 2018, Uncen berada pada klaster kurang memuaskan.

“Patut disyukuri bahwa untuk semua perguruan tinggi di Papua, hanya Uncen yang masuk klaster Sangat Bagus  Terimakasih banyak atas kerjasama dan kinerja yang baik dari bapak/ibu dan rekan-rekan semua. Terimakasih banyak untuk Ibu Ketua LPPM Uncen, Dra. Rosye H.R. Tanjung, M.Sc., Ph.D dan sekretaris beserta tim,” ungkap Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT., Rektor Universitas Cenderawasih disela kesibukan.

Sekretaris LPPM, Dr. Akhmad Kadir, M. Hum juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Ketua LPPM yang setiap saat memberikan arahan untuk perbaikan peringkat khususnya untuk bidang pengabdian dan kepada para dosen di lingkungan Uncen yang mensupport kegiatan pengabdian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini