Kongres Pemuda Saireri, Perubahan Mulai dari Pemuda

0
26
Para pemuda Saireri ketika mengikuti Kongres Ke-1 Pemuda Saireri di Hotel Horizon Koraraja,Jumat(15/11)

TIFFANEWS.COM-Demi untuk mempersatukan seluruh pemuda Saireri yang ada di Tanah Papua kini para pemuda Saireri mengelar Kongres Ke-1 yang dilaksanakan di Kota Jayapura,Jumat(14/11).

Sekretaris Daerah Kepulauan Yapen, Alexander Nussy,MM, menyampaikan, pelaksanaan Kongres  Ke-1 Pemuda Saireri sangat positif sekali,karena dari sini akan mempersatukan seluruh pemuda Saireri yang ada di Tanah Papua.

“Ini merupakasan suatu kerinduan yang cukup panjang oleh anak-anak Saireri yang terdiri dari kawasan pulau dan daratan,”ungkap Sekda.

Sekda mengaku,walaupun dipisahkan oleh pulau dan daratan, namun tetap memiliki kesamaan adat yang sama dan apa yang diimpikan selama ini terwujud dengan adanya kegiatan kongres ke-1 pemuda Saireri yang mana di sponsori langsung oleh para pemuda-pemuda saireri yang ada di Jayapura.

Sekda Kepualauan Yapen Alexander Nussy

“Jadi Pemerintah Daerah melihat bahwa ini suatu hal yang sangat penting sekali dan merasa bangga tentunya, apalagi ini sutau langkah awal atau suatu peluang peradaban lagi yang dilakukan oleh para pemuda Saireri,”ujar Sekda.

Sekda mengatakan,peradaban di Papua ini diawali dari kawasan Saireri, mungkin para pemuda ini hanya terpisah karena pekerjaan dan sebagainya, tetapi pada kesempatan ini seluruh pemuda Saireri dipersatukan melalui kongres pemuda saireri tersebut.

Ia berharap melalui kongres ini bisa mempersatukan semua pemuda Saireri yang tersebar di seluruh kawasan di Tanah Papua, baik yang ada di Kepuluan Yapen, Waropen, Biak dan Supiori serta Membramo Raya.

“Harus mulai dari pemuda, karena mereka adalah pengerak,mungkin ini langkah awal,selaku Pemerintah Daerah tentu sangat memberikan dukungan penuh untuk mereka berjuang terus membangun Tanah Papua ini,”tutur Sekda.

Hal senada juga disampaikan Ketua Formatur Kongres Ke-1 Pemuda Saireri, Gifli R. Buinei,ST bahwa kongres ini memang bertujuan untuk mempersatukan seluruh pemuda Saireri di Tanah Papua.

“Nantinya dari hasil kongres ini bisa memberikan suatu masukkan yang konstruktif terutama bisa membantu Pemerintah Daerah yang ada di wilayah Saireri,”pinta Gifli.

Pihaknya mengakui juga bahwa Pemerintah sudah berjuang keras membangun di seluruh wilayah Saireri ini,tetapi ia melihat para pemuda belum bersatu.

“Kita berharap melalui kongres ini nantinya ada penyatuan presepsi serta melahirkan pengurus defenitif  untuk bisa mengawal organisasi ini kedepan dan tentunya bisa menjadi mitra Pemerintah Daerah untuk bersama-sama mengawal seluruh proses pembangunan yang terjadi di wilayah Saireri,”tutup Gifli.(ans).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini