Sebulan Lebih, Ragam Budaya Papua Dikenalkan di Mal Sarinah

0
21
Gelar Wicara, Lokakarya, dan Pameran Budaya Papua di Sarinah Thamrin Plaza, Jakarta Pusat, 18 November 2019 (Foto : ist) .

TIFFANEWS.COM,-  Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Ditjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan PT Sarinah (Persero) menyelenggarakan Gelar Wicara, Lokakarya, dan Pameran Budaya Papua di Sarinah Thamrin Plaza, Jakarta Pusat, 18 November sampai 18 Desember 2019.

Kegiatan  dengan tema “Ragam Budaya Papua” ini diselenggarakan sebagai bentuk diplomasi budaya dalam negeri dan upaya menguatkan ketahanan budaya Indonesia. Kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman keragaman budaya, dan menampilkan perspektif budaya masyarakat Papua kepada masyarakat Indonesia.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama satu bulan ini dipamerkan kekayaan budaya Papua, diselingi dengan berbagai lokakarya bertemakan Papua, dan pemutaran video yang menampilkan ragam budaya Papua. Kegiatan ini juga diikuti 10 UMKM Papua yang memperkenalkan produk Papua dengan tujuan untuk memberikan hiburan dan informasi kepada masyarakat.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengangkat Papua dari perspektif budaya berbasis data, diantaranya 38 mata budaya Papua yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia (WBTbI), 4 penggiat budaya Papua telah menerima Anugerah Kebudayaan dari Kemendikbud, dan Noken telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia oleh Unesco.

Selain banyak suku yang mendiami, Papua juga terkenal dengan kekayaan alam yang terpendam di dalamnya. Budaya dan Kesenian Papua sangat unik dan menarik, yaitu bahasa lokal dari masing-masing kelompok etnik, pakaian adat, rumah adat, tari-tarian tradisional, senjata tradisional, makanan khas Papua, musik tradisional hingga kerajinan tangan.(*Bn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini