Softball Putri Papua Langsung Patok Medali Emas di PON 2020

0
18
Ketua Umum Perbasasi Papua, Yan Jap Ormuseray ketika dampingi atletnya usai menjuarai Kejurnas Softball Putri Junior di Jakarta 2018.

TIFFANEWS.COM-Capaian sejumlah prestasi yang selama ini didapatkan Tim Softball Putri Papua memang patut membanggakan bagi seluruh pecinta olahraga softball di seluruh tanah air, lebih khusus di Tanah Papua.

Bagaimana tidak, cabang olahraga (cabor) yang sangat getol memberikan pembinaan hingga menoreh prestasi ini memang sangat layak jika di PON 2020 mereka lebih awal memasang target medali emas.

Hal ini juga dibuktikan dengan keseriusan mereka menjalani program-program latihan usai PON Jabar 2016 hingga kini. Para atlet Softball Putri tidak fakum, tetapi mereka terus melanjutkan program latihan termasuk mengikuti sejumlah turnaman di luar Papua hingga melakukan tryout ke Filipina untuk uji coba atlet dengan klub-klub softball di sana.

Sementara itu keseriusan Pengprov Perbasassi di bawah pimpinan Ketua Umum, Jan Jap Ormuseray kini telah melahirkan atlet Softball Putri Papua yang handal, bahkan hampir sebagian atletnya selalu dipanggil memperkuat Timnas Sofball Indonesia baik tingkat junior maupun senior saat ini.

Sejumlah prestasi dicapai Softball Putri Papua di beberapa kejuaraan di tahun 2019 ini. Selain gelar individu, belum lama ini pula Tim Sofball Putri yang mengikuti Pra PON di Banten Juli lalu berhasil keluar sebagai juara 1.

Pada Turnaman Softball Partha Anniversary Cup 2019 di Jogja 3-13 Oktober, mereka kembali keluar sebagai pemenang, termasuk di beberapa kejuaraan sebelumnya.

Walaupun pada PON Jawa Barat 2016 lalu mereka hanya mampu finis di posisi kedua dengan meraih medali perak, namun kini Tim Softball Putri Papua mencatatkan sejarah sebagai tim softball terbaik dengan menduduki peringkat atas di Indonesia. Mereka mampu mengalahkan DKI dan Jawa Barat serta Surabaya yang selama ini terkenal dengan prestasi atlet softballnya.

“Jadi melihat kesiapan softball putri sendiri sudah sangat bagus dan sangat siap sekali tampil di PON 2020 nanti,”ungkap Pelatih Softball Putri PON Papua, Desy Lalihatu.

Ketua Umum Perbasasi Papua, Yan Jap Ormuseray ketika berbincang dengan pelatih dan atlet softball putri Papua di sesi latihan Persiapan PON 2020.

Desy mengaku sejauh ini anak asuhnya terus tingkatkan intensitas latihannya demi pemantapan serta kematangan atletnya baik segi taktik, fisik dan juga mental tandingnya.

“Baru-baru ini memang kita mengikuti beberapa kejuaran di luar Papua,seperti mengikuti Pra PON bulan Juli 2019 di Banten, dan Turnamen Partha Anniversary Cup 2019 di Jogja pada tanggal 3-13 Oktober 2019,puji Tuhan kita keluar sebagai juaranya,”terang Desy.

Kata Desy, selain dari dua kejuaran tersebut ada juga sejumlah kejuaraan dengan capai prestasi bagus yang sudah diikuti  Tim Softball Putri sejak usai PON Jabar 2016. Dengan semua hasil yang diraih ini, maka kini Tim Softball Putri Papua menampatkan posisi sebagai peringkat pertama dan sebagai tim terbaik dari semua klub softball yang ada di Indonesia saat ini.

“Kita bangga dengan capaian prestasi yang diraih kali ini, tetapi kami tidak lupa diri, karena pertarungan yang sesunguhnya itu pada PON XX tahun 2020 mendatang,”ujar Desy.

Desy menambahkan,usai PON Jabar 2016, tim softball tak putus latihan,sehingga dengan persiapan yang cukup lama ini sangat yakin bisa memberikan yang terbaik pada PON 2020 mendatang.

“Target kita sudah jelas medali emas di PON nanti,kendati pun pada tim softball Papua ini sudah tidak banyak lagi diperkuat pemain senior karena batasan usia, namun semuanya tidak berpengaruh,karena memang sejak lama kita sudah persiapkan pemain softball juniornya dengan kemampuan yang sama seperti seniornya,”tutup Desy.(ans)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini