Bangun Sirkuit Standar Internasional, Pemkab Merauke Pastikan Selesai Sebelum PON

0
32
Wakil Bupati Merauke,Sularso, SE

TIFFANEWS.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke kini memastikan pembangunan sirkuit balap motor yang akan dipakai pada PON 2020 rampung sebelum PON digelar di Papua pada bulan Oktober 2020 mendatang.

Wakil Bupati Merauke Sularso mengaku sangat optimis pembangunan arena balap motor cross untuk PON XX di Merauke akan rampung sebelum kegiatan digelar.

Saat ini Pemkab Merauke telah melakukan pengadaan tanah seluas 30 hektar untuk pembangunan sirkuit balapan PON XX yang berada di Kebun Coklat Distrik Tanah Miring.

“Jadi sejauh ini tahapan pembangunannya sedang berjalan. Pertama baru pelepasan lahan itu sudah kita lakukan, untuk proses pekerjaannya sendiri akan dimulai dalam waktu dekat ini,”ungkap Wakil Bupati Sularso.

Bahkan pembangunan sirkuit balap motor untuk PON 2020 tersebut dengan konsep bertaraf Internasional.

“Ada 6 cabor yang nanti akan dipertandingan di Merauke, selain balap motor, ada sepak bola, catur dan beberapa cabor lain lagi,”terang Sularso.

Pengurus Pengprov IMI Papua ketika bertemu dengan Wakil Bupati Merauke, Sularso usai pertemuan dengan Gubernur di Gedung Negara Jayapura

Menurut Wakil Bupati, semua ini tentu membutuhkan persiapan yang cukup untuk menyelesaikan venue-venuenya dan yang paling butuh waktu lama proses pembangunannya yakni venue untuk cabor sepak bola, pasalnya sejauh ini stadionnya masih dalam tahap pekerjaan dan baru 60 persen.

Demikian pula dengan sirkuit balap motor, karena pembangunannya star dari awal artinya baru mau mulai dibangun.

“Saya pastikan semua ini paling lama di bulan Mei 2019 itu sudah tuntas 100 persen pekerjaannya,”tuturnya.

Lanjut Wakil Bupati, untuk pembangunan beberapa venue PON di Merauke ini dimana pihaknya di Pemkab Merauke telah menyiapkan dana sekitar RP 100 miliar lebih yang bersumber dari APBD.

Selain itu ada juga tambahan dana ratusan miliar yang bersumber dari APBD Provinsi Papua dan dari APBN.

“Dana ini semua kita pakai baik untuk venue PON 2020 maupun fasilitas infrastruktur lainnya seperti pembangunan jalan ke lokasi venue tersebut dan beberapa kegiatan lainnya,”ucap Sularso.

Sularso juga berharap agar Pengprov IMI Papua juga bisa datang untuk melakukan survei di lokasi sirkuit yang nanti dibangun termasuk untuk koordinasi berbagai hal teknis lainnya.

“Ini penting sekali karena gambar sirkuitnya kita pakai sesuai gambar yang diberikan oleh IMI Papua, hanya kita butuh masukkan dari Pengprov IMI Papua untuk hal-hal lain yang mendukung pada pembangunan sarana dalam sirkut tersebut,”pinta Sularso.

Sementara itu di tempat terpisah, salah satu unsur pimpinan IMI Papua Drs. Rusdianto, M.Si  menyampaikan terima kasihnya atas keseriusan dari Pemprov Papua dan Pemkab Merauke untuk membangun sirkuit balap motor PON 2020 tersebut dengan konsep standar Internasional.

“Pada prinsipnya kita akan siap berkoordinasi dengan Pemkab Merauke untuk kita turun langsung juga kesana melihat lokasi sirkuit yang akan dibangun,”kata Rusdianto.

Bahkan pihaknya berjanji dalam waktu dekat ini ia dan pengurus Pengprov IMI Papua bersama PB IMI Pusat akan datang ke Merauke bertemu dengan Bupati dan Wakil Bupati selaku kepala daerah disana.

“Kita sudah dapat informasi bahwa pembebasan lahannya sudah dilakukan oleh Pemkab Merauke, semoga nanti pada proses pekerjaan venuenya tidak bermasalah dan aman saja, sehingga nanti penyelesaian pekerjaan venuenya bisa tuntas cepat sebelum PON digelar,”tutup Rusdianto.(ans).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini