Masyarakat Suku Kombay Gelar Pesta Ulat Sagu

0
11
Pesta Ulat Sagu masyarakat suku Kombay digelar di Kampung Wanggemalo, Distrik Kombay, Kabupaten Boven Digoel, Kamis, 19 Desember 2019

TIFFANEWS.COM,-  Pesta Ulat Sagu masyarakat suku Kombay digelar di Kampung  Wanggemalo,  Distrik Kombay,  Kabupaten Boven Digoel,  Kamis, 19 Desember 2019. Pesta masyarakat ini tergolong pesta besar karena melibatkan banyak orang baik dalam komunitas suku maupun di luar komunitas suku.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dikoordinator  Markus Mambilohu dan sebagai penanggungjawab umum Kepala Distrik Kombay Adolof Wonaf. Pesta tersebut rutin dilaksanakan oleh masyarakat suku Kombay pada setiap akhir tahun.

Pesta Ulat Sagu yang dalam bahasa Kombai  disebut Yame ini  diisi dengan tarian adat tradisional masyarakat Kombay. Tidak hanya itu, para tamu undangan dan masyarakat yang hadir pada pesta ini pun  dihidangkan sagu dan ulat sagu.

Pesta Ulat Sagu masyarakat suku Kombay digelar di Kampung  Wanggemalo,  Distrik Kombay,  Kabupaten Boven Digoel,  Kamis, 19 Desember 2019

Sagu mempunyai banyak fungsi dalam pesta. Daun sagu digunakan untuk membuat atap rumah pesta dan pakaian adat, pati sagu dan ulat sagu sebagai bahan pangan dalam pesta. Bagi masyarakat hukum adat Kombai di Papua, ulat sagu tak hanya untuk dimakan.

Masyarakat adat Kombay memiliki wilayah yang tersebar di kabupaten Boven Digoel dan Mappi. Pesta ulat sagu dikhususkan sebagai sebuah tanda ungkapan syukur dan terima kasih atas kebaikan dan kasih sayang dari Tuhan, leluhur, alam semesta, dan sesama orang Kombai.

Dalam pelaksanaannya, pesta ini melibatkan masyarakat dalam komunitas maupun di luar komunitas.  Karena itu, pesta ini memiliki pesan moral yakni kerjasama dan solidaritas juga salah ritual untuk menjaga hutan. (Bn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini