Respon Industri 4.0, Konferensi Pemuda Papua Hasilkan Empat Poin Penting

0
27
Penggagas konferensi internasional, Rini Modouw membacakan Deklarasi bersama International forum pemuda dan cendikiawan tanah Papua dengan nama: deklarasi los angeles; Deklarasi Generasi Emas Papua, Jumat malam.(Foto : Ist)

TIFFANEWS.COM- Konferensi Internasional Pemuda dan Cendekiawan Papua yang berlangsung di Sheraton Gateway Hotel Los Angeles California Amerika Serikat, mencetuskan Deklarasi Generasi Emas Papua Los Angeles atau Deklarasi Los Angeles.

Penggagas konferensi internasional yang juga sebagai Wakil Cendekiawan Papua, DR. Rini S Modouw mengatakan, deklarasi Los Angeles menghasilkan empat point penting yakni, pertama berkomitmen untuk bersatu dan bersinergi dalam mewujudkan forum internasional pemuda, pelajar dan cendikiawan Tanah Papua untuk memajukan Sumber Daya Manusia Papua yang handal dalam menghadapi tantangan global serta untuk membangun Tanah Papua di segala bidang menuju Indonesia sebagai kekuatan Ekonomi Dunia ke-4 pada tahun 2045.

Kedua, mendorong gerakan inovasi dan kreativitas, mendorong partisipasi aktif pemerintah dan swasta dalam mendukung pemuda-pemudi Tanah Papua sehingga dapat berkontribusi nyata bagi pembangunan Tanah Papua, Indonesia, dan dunia secara berkelanjutan.

Ketiga mendorong minat dan kemampuan kewirausahaan (Entrepreneurship Skills) pemuda Papua, untuk menjadi solusi bagi peningkatan kesejahteraan ekonomi serta kemampuan soft skills dan hard skills guna bersaing dan berdaya guna di era Revolusi Industri 4.0.

Serta menyerukan kepada seluruh pemuda–pemudi Tanah Papua untuk tidak takut bermimpi besar dan menyampaikan ide, gagasan secara terbuka dan bekerja keras untuk merealisasikannya untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Ya inilah 4 poin penting yang telah menjadi komitmen  bersama kita pada deklarasi Los Angelas,”ungkap DR. Rini S Modouw, ketika membacakan 4 poin penting pada deklarasi Los Angeles didampingi perwakilan pelajar dan mahasiswa Papua Amerika Michael Anis Labene, Direktur Papua Muda Inspiratif (PMI) Neil Aiwoy.

Sementara itu pada deklarasi tersebut,dari pemerintah Indonesia dihadiri Wakil Menteri PUPR Jhon Wempi Wetipo,staf khusus presiden Billy Mambrasar, perwakilan DPR-RI Yan P Mandenas,  dan Konsulat Jenderal (Konjen) Los Angeles,San Fransisco, New york disaksikan peserta konferensi pelajar dan cendikiawan Papua.

Konferensi Internasional Pemuda dan Cendekiawan Papua diselenggarakan di Los Angeles, Amerika Serikat, bertajuk “Golden Generation of Papua: Shine On” tersebut merupakan gagasan Forum of Papuan Youth and Scholar dan Ikatan Mahasiswa Papua di Amerika Serikat (IMAPA-USA).

Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Los Angeles, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC, seluruh KJRI di Amerika Serikat, serta Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Peserta konferensi adalah mahasiswa Papua dari Provinsi Papua dan Papua Barat yang saat ini sedang menuntut ilmu di Amerika, luar Amerika (Filipina, Inggris dan Kanada) dan Indonesia.

Konferensi ini membahas ide dan gagasan serta peran pemuda Papua dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi bagi Percepatan Pembangunan Kawasan Indonesia Timur sebagaimana prioritas Pemerintah Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo.(ans).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini