Sambut Natal, Gereja Kristus Bangkit Iwur Berbenah

0
18
Gereja Paroki Kristus Bangkit Iwur (KBI), Kampung Iwur

TIFFANEWS.COM,- Sambut perayaan Natal 2019, umat katolik Paroki Kristus Bangkit Iwur (KBI), Kampung Iwur,  Distrik Iwur Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua tak hanya memperisiap batin tapi juga terlibat untuk berbenah mempercantik gedung gereja yang akan dipakai pada perayaan Natal dan Tahun Baru.

Kegiatan yang dilaksanakan untuk membersihkan gereja dan menata ornaemen ibadah dilakukan umat setempat dan anggota dari Pos Iwur Satgas Yonif Raider 509 Kostrad, pada Selasa (24/12). Harapannya, agar perayaan Natal tahun ini lebih nyaman dan meriah.

Paroki Kristus Bangkit Iwur (KBI), Keuskupan Jayapura, berada di wilayah Pegunungan Bintang yang melayani 3.569 umat Katolik dari beberapa stasi dan komunitas basis. Wilayah Paroki KBI terletak di bagian Selatan Pegunungan Bintang yang berbatasan langsung dengan negara Papua New Guinea (PNG).

Secara administratif pemerintahan, wilayah paroki KBI memiliki lima distrik dari Kabupaten Pegunungan Bintang.  Wilayah ini memiliki  cuaca yang  cukup ekstreme sehingga seringkali  menyebabkan meluapnya kali Digul.

Pada 19 April 2017, terjadi banjir bandang akibat meluapnya Kali Digul. Banjir bandang ini menyebabkan  pemukiman warga di Kampung Iwur dilanda banjir. Selain puluhan ternak milik warga terbawa banjir, banjir saat itu juga mengakibatkan putusnya dua jembatan gantung yang menghubungkan lapangan terbang, Kampung Kamyoim, Kampung Weitkim dan Kampung Iwur. Fasilitas pendidikan, kompleks perumahan guru dan fasilitas umum juga mengalami rusak berat.

Pada Januari 2018, wilayah ini pernah diserang wabah penyakit sehingga menyebabkan belasan anak meninggal.  Sayangnya, akses yang minim sehingga kondisi tersebut tidak banyak diekspose ke publik.

Hingga kini akses dan pelayanan publik di wilayah ini masih sangat minim seperti, infrastruktur jalan, jembatan, lapangan terbang, listrik dan jaringan telepon.

 Selain kebutuhan dasar kesehatan yang sangat minim, masyarakat juga membutuhkan pendidikan yang layak dan perbaikan ekonomi rakyat.  (*Bn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini