Atasi Plagiarisme, Uncen Siapkan Software Turnitin bagi Dosen dan Mahasiswa

0
20
Kegiatan sosialisasi penggunaan software turnitin di ruang rapat Lt 3 Rektorat Kampus Waena Universitas Cenderawasih, Senin 10 Februari 2020 (Foto : Ist)

TIFFANEWS.COM,- Universitas Cenderawasih (Uncen) Papua terus berbenah diri untuk menjawab tuntutan akedemik dengan menyiapkan software turnitin bagi dosen, mahasiswa dan kepegawaian untuk mengecek plagiarisme publikasi dalam pengusulan Penilaian Angka Kredit (PAK) dan program studi serta mengecek plagiarisme tugas akhir mahasiswa.

Wakil Rektor 1 bidang akademik  Dr. Onesimus Sahuleka, S.H., M.Hum mengatakan penggunaan software Turnitin ini berdampak positif bagi UNCEN  sebagai institusi Pendidikan, terutama dalam kontribusi penilaian akreditasi.

“Penggunaan turnitin ini menjadi bukti Uncen mendukung tren nasional di mana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah lebih dahulu menggunakan software turnitin ini dalam pengujian penulisan publikasi ilmiah dosen untuk pengurusan jenjang jabatan akademik dosen, “ kata Dr. Onesimus Sahuleka, S.H., M.Hum saat membuka acara sosialisasi penggunaan software turnitin di ruang rapat Lt 3 Rektorat Kampus Waena Universitas Cenderawasih, Senin 10 Februari 2020

Kegiatan sosialisasi sofware turnitin menghadirkan Deden Ramdani dari iGroup (Asia Pacific) Limited Jakarta. Sementara peserta sosialisasi datang dari perwakilan dari sembilan fakultas dan 79 Prodi, serta  tiga lembaga dan tiga unit pengelola sistem informasi di Universitas Cenderawasih. Sosialisasi ini dijadikan target penggunaan turnitin pada tahap pertama tahun 2020

Turnitin merupakan aplikasi yang digunakan oleh perguruan tinggi di dunia terutama untuk mengecek tingkat keaslian atau originality suatu karya. Turnitin memiliki fungsi untuk mengkoreksi dokumen yang kita buat dan dalam program turnitin ini kita bisa mengetahui dari mana asal sumber artikel yang kita ambil dan akan tercantum juga sumber alamat websitenya.

Turnitin adalah sebuah program yang memiliki algoritma pencarian yang didesain oleh developernya untuk membandingkan kemiripan karya tulis. Turnitin sendiri memiliki 3 sumber utama dalam melakukan pembandingan. yaitu sumber internet (website, blog dan lain sebagainya), referensi akademik (jurnal, buku, publikasi ilimah, artikel) dan database lokal yang dimiliki masing masing institusi.

Secara teknis, pemanfaatan software Turnitin ini dapat terimplementasi di UNCEN pada bulan Februari 2020, namun memang penggunaannya masih bertahap, terutama untuk proses pembimbingan tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi dan karya tulis dosen berupa publikasi serta penelitian. Karena itu penggunaan Software Turnitin memerlukan sosialisasi agar pemanfaatannya maksimal. (JJN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini