Tindak Tegas Pelaku Usaha yang Masih Gunakan Kantong Plastik

0
13
Benhur Tomy Mano (Foto: Hans Palen/Tiffanews)
Benhur Tomy Mano (Foto: Hans Palen/Tiffanews)

TIFFANEWS.COM-Walikota Jayapura, Benhur Tomy Mano mengatakan akan menindak tegas pelaku dunia usaha yang  masih menggunakan kantong plastik.

“Saya akan bertindak dengan keras kepada siapa pelaku dunia usaha yang tidak mentaati keputusan Walikota Jayapura tentan larangan pengunaan kantong plastik di pusat perbelanjaan,”ungkap Mano.

Mano menyampaikan, siapa pun yang tinggal di Kota Jayapura ini dia harus wajib mengikuti ketentuan aturan-aturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Jayapura saat ini.

“Kita harus tertib tugas Pemerintah disini yakni menjalankan pegaturan fungsi pelayanan dan fungsi pengawasan. Kalau dia tidak mau dengar atau ikuti aturan dia bangun usahanya di tengah laut, sehingga pelaku usaha yang ada di Kota Jayapura harus ikuti ketentuan aturan yang ada,” tutur BTM.

Mano pun akan siap kembali melakukan sidak di sejumlah tempat usaha di Kota Jayapura guna mengecek apakah mereka sudah benar-benar menjalankan aturan ini atau belum.

“Jika kita temukan masih ada yang melanggar maka kita akan berikan sanksi sesuai aturan yang sudah ditetapkan atau dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Jayapura,bisa saja tempat usahanya tutup atau sanksi-sanksi lainnya,” pinta Mano.

Lanjut Mano, terhitung sejak tanggal 1 Februari 2019, Pemerintah Kota Jayapura larangan penggunaan kantong plastik di pusat perbelanjaan dan pertokoan di Kota Jayapura sudah diberlakukan.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk mengurangi dampak limbah plastik yang timbul akibat penggunaan kantong plastik oleh warga Kota Jayapura.Pemerintah Kota Jayapura telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pemilik retail modern di kota Jayapura.

“Kami sekarang sudah giat melakukan sosialisasi dengan para pengusaha pengguna plastik berbayar di hipermart, semua toko swalayan dan semua stakeholder dikota Jayapura ini,”kata Mano

Sementara itu penerapan Instruksi Wali Kota Nomor 1 tahun 2019 tentang penerapan penggunaan kantong belanja alternatif pengganti kantong plastik di Kota Jayapura akan dilakukan pengawasan oleh dinas terkait.

“Kami akan monitor terus apabila instruksi ini tidak dilaksankan maka sanksi administrasi akan dikenakan, teguran, pencabutan ijin sementara hingga penutupan usaha,”tambah Mano.(ans).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini