Olivia Zalyanti : Bukan Hanya Sepakbola, Perkembangan Basket di Papua Luar Biasa

0
4
Pertandingan persahabatan “Basketball Fun Games” di Mimika Sport Complex (MSC), Sabtu (8/2) (Foto: Ist)

TIFFANEWS.COM,- Untuk sepakbola, Papua memang sudah tidak diragukan lagi. Bahkan seringkali olahraga Papua identik dengan sepakbola karena bakat yang ditunjukan anak-anak Papua dan klub-klub sepak bolanya. Tapi di luar itu, ternyata perkembangan olahraga basket pun tak kalah dengan sepakbola. Anak-anak Papua punya bakat yang luar biasa untuk basket.

Artis Olivia Zalyanti mengaku terkesan dengan bakat anak-anak Mimika ketika ia sendiri menyaksikan secara langsung persahabatan “Basketball Fun Games” yang digelar, di Mimika Sport Complex (MSC)Sabtu (8/2) lalu.

Pertandingan persahabantan yang diselenggarakan PT Freeport Indonesia bersama Persatuan Basket Indonesia (PERBASI) Mimika ini menghadirkan tiga tim basket di ataranya, Tim Basket Happy Ballers dari Jakarta, Tim Basket Komunitas Timika dan Tim Basket dari Karyawan PT Freeport.

Di antara para selebriti yang hadir memeriahkan pertandingan persahabatan di MSC, Timika – Papua ini, selain Olivia, adalah Mario Lawalata, Maria Selena, Rico Ceper, Choky Sitohang, dan Bams.

“Saya kagum karena selama ini kalau bicara Papua identik dengan sepakbola, tetapi perkembangan basket di Papua ternyata juga luar biasa,” ungkap Olivia Zalyanti.

Menurut Olivia, anak-anak Mimika sangat berbakat, fisik juga kuat, tinggal tekniknya saja yang perlu diasah. Sementara mengenai sarana olahraga, Olivia sangat mengangumi fasilitas dari Sport Complex (MSC).

“Meskipun terletak di ujung Timur Indonesia, tetapi memiliki sarana olahraga yang sangat baik dan representative,” ujarnya.

Pertandingan persahabatan “Basketball Fun Games”  di Mimika Sport Complex (MSC), Sabtu (8/2) (Foto: Ist)

Dalam pertandingan persahabatan ini, pemain Happy Ballers juga berkesempatan berbagi ilmu teknik dasar bermain basket kepada para siswa-siswi dari Asrama Taruna Papua. Happy Ballers merupakan klub basket yang dibentuk pada tahun 2004, beranggotakan sederet selebriti dan atlet basket timnas.

Beberapa atlet basket timnas yang ikut serta, yaitu Andi Batam dan Romy Chandra. Richard Insane yang merupakan pemain basket “freestyle” pun beraksi ikut meramaikan pertandingan persahabatan tersebut.

Sementara itu, MSC merupakan stadion berstandar internasional yang selesai dibangun tahun 2016.  MSC memiliki fasilitas stadion indoor, stadion outdoor, ruang fitness, kantor, ruang medis, kantin, retail store, toilet, dan parkiran yang mampu menampung 500 kendraan, serta ampiteater yang bisa digunakan untuk gathering. Selain itu, MSC memiliki asrama yang mampu menampung 100 atlet dan official.

Untuk stadion indoor bisa digunakan untuk cabang olah raga basket, voli dan badminton, dengan tribun penonton yang bisa menampung 5.500 orang serta 75 kursi VIP. Sedangkan stadion outdoor untuk cabor atletik, memiliki tribun dengan kapasitas 3.500 penonton. Di tribun Barat terdapat 2.100 kursi penonton dan 104 kursi VIP, sementara di tribun Timur terdapat 1.300 kursi penonton dan 56 kursi VIP.

MSC yang dibangun atas kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Mimika dan PT Freeport Indonesia (PTFI). PT Freeport Indonesia ini, dibangun diatas  lahan seluas 12,5 ha milik Pemkab Mimika, dengan nilai mencapai 33 juta dollar AS. Setelah perhelatan PON XX selesai diadakan, di Timika ini diharapkan dapat memfasilitasi pelatihan bibit-bibit atlet di Papua.

VP Corporate Communication PTFI Riza Pratama  mengharapkan dukungan Freeport melalui pembangunan stadion atletik bertaraf internasional, Mimika Sport Complex (MSC) di Timika, Papua dapat dimanfaatkan dan dikelola secara baik, sehingga dengan kerjasama semua stakeholder, PON 2020 di Papua dapat terselenggara dengan baik.

“Dengan antusiasme yang begitu tinggi dari warga Timika, kami harapkan talenta-talenta olahraga di Papua, khususnya Kabupaten Mimika dapat berkembang, sehingga Papua dapat lebih berprestasi di tingkat regional, nasional, bahkan internasional,” ujar Riza Pratama. (*BN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini