Freeport Gandeng Jacksen Thiago Latih Pemain U-14

0
8
Pelatih, Jacksen F.Thiago ketika memberikan arahan kepada pemain.(Istimewa/Tiffanews)
Pelatih, Jacksen F.Thiago ketika memberikan arahan kepada pemain.(Istimewa/Tiffanews)

TIFFANEWS.COM-Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago melatih para pemain Liga Kompas Kacang Garuda U-14 untuk mengasah teknik permainan sepak bola mereka melalui Coaching Clinic yang diprakasai oleh PT Freeport Indonesia.

Sementara itu Coaching Clinic yang diadakan di Gelanggang Olahraga Ciracas Jakarta Timur ini diikuti oleh 22 pemain U-14 yang terpilih dari 16 Sekolah Sepak Bola (SSB) se-Jabodetabek pada hari Minggu tanggal 16 Februari 2020.

Sebelum kegiatan tersebut dimulai, Coach Jacksen memberikan tiga tips dan trik untuk membantu meraih impian para pemain Liga U-14 menjadi pemain sepak bola professional. Yang pertama adalah disiplin dalam segala hal, khususnya selama berlatih sepak bola.

Kedua, Jacksen menekankan kepada para pemain untuk terus memiliki kemauan keras dalam menggapai impian mereka. Terakhir, Jacksen juga mengingatkan peserta Coaching Clinic Liga U-14 untuk senantiasa berserah diri. Karena pada akhirnya, tangan Tuhanlah yang akan menentukan nasib mereka.

“Saya akan fokus pada sentuhan pertama, sebab hal tersebut merupakan hal-hal mendasar yang dapat membantu mereka bermain dengan lebih sederhana dan mudah,” ungkap Jacksen F Tiago yang merupakan pelatih kelahiran Rio de Janeiro pada 28 Mei 1968.

Coaching clinic yang dipimpin oleh Coach Jacksen berlangsung selama satu jam. Metode yang dilakukan oleh Jacksen selama coaching clinic adalah dengan melihat bagaimana para pemain U-14 dari LKG bermain, kemudian beliau memberikan koreksi langsung kepada para pemain mengenai aspek-aspek yang penting dilakukan dalam permainan sepak bola.

Menurut Jacksen, selain memiliki pemain-pemain yang berbakat, LKG juga telah memiliki pelatih-pelatih yang kompeten. “Sekarang sepak bola Indonesia sudah berada di jalur yang baik. Saya berharap, semoga 5-6 tahun ke depan kita bisa melihat wajah-wajah para peserta Coaching Clinic ini bermain di Tim Nasional Sepak Bola Indonesia,” tambah Jacksen.

Kegiatan Coaching Clinic tersebut disambut antusias oleh seluruh peserta LKG, salah satunya adalah Naufal Mailano dari SSB Big Star Babek FA. “Saya senang sekali bisa mendapat ilmu  dari Coach Jacksen secara langsung, terutama mengenai teknik mendapatkan bola dari teman satu tim, kemudian mengarahkan bola tersebut langsung ke arah gawang lawan. Setelah ini, saya berharap akan ada banyak lagi kegiatan serupa di masa mendatang,” ujarnya.

PT Freeport Indonesia juga hadir dalam kesempatan ini untuk ikut mendukung lahirnya talenta-talenta berbakat dari tim LKG U-14.

Riza Pratama, Vice President Corporate Communication PT Freeport Indonesia mengatakan, PT Freeport Indonesia sebagai mitra utama Persipura Jayapura kali ini mengajak Jacksen F Tiago, Pelatih Persipura untuk memberikan sharing kepada pemain-pemain LKG U-14 melalui kegiatan Coaching Clinic. Semoga kehadiran Coach Jacksen bisa menambah semangat dan motivasi tim U-14 untuk menggapai prestasi dan mengangkat persepakbolaan Indonesia.”

Pemandu Bakat Liga Kompas Kacang Garuda (LKG) Hadi Rahmaddani mengungkapkan bahwa dengan adanya pelatihan yang dipimpin oleh Coach Jacksen ini, diharapkan dapat memotivasi para peserta LKG untuk berlatih lebih semangat dan keras lagi.

“Mudah-mudahan keberadaan Coach Jacksen di LKG yang diprakarsai PTFI akan menambah laju percepatan pembangunan sepak bola Indonesia. Kami berharap Freeport tidak hanya melaksanakan coaching di Jakarta saja tapi juga di Papua yang memiliki banyak talenta-talenta muda. Sehingga pengembangan sepakbola di Indonesia seimbang,” tutup Hadi.(ans)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini