Ancam Mogok Kerja, Ratusan Petugas Kebersihan Datangi Kantor DPRD Kota Jayapura

0
18
Ketua DPRD Kota Jayapura,Abisai Rollo ketika menerima para petugas kebersihan di Kantor DPRD Kota Jayapura.(Hans Palen/Tiffanews)
Ketua DPRD Kota Jayapura,Abisai Rollo ketika menerima para petugas kebersihan di Kantor DPRD Kota Jayapura.(Hans Palen/Tiffanews)

TIFFANEWS.COM-Ratusan petugas kebersihan Kota Jayapura mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jayapura di Abepura, Selasa (18/2) malam.

Kedatangan petugas kebersihan Kota Jayapura tersebut guna mengikuti mediasi yang rencananya akan difasilitasi oleh Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo,SH terkait persoalan interen yang terjadi di instansi mereka yakni  Dinas Lingkungan Hidup Kota Jayapura.

Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo mengatakan, kedatangan petugas kebersihan ini untuk meminta kepada dirinya selaku Ketua DPRD Kota Jayapura agar memfasilitasi pertemuan mereka dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup guna untuk mencari solusi yang baik terhadap persoalan interen yang terjadi di Dinas mereka saat ini.

“Jadi dulunya mereka ini ada di bawah naungan Dinas Kebersihan Pertamanan (DKP) Kota Jayapura, namun karena terjadi perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai peraturan yang ada, sehingga kini mereka bergabung menjadi satu dengan Dinas Lingkungan Hidup,”ungkap Rollo ketika ditemui usai menerima ratusan petugas kebersihan Kota Jayapura di Gedung DPRD Kota Jayapura,Selasa(18/2).

Kata Rollo, kurang lebih dua tahun berjalan ada beberapa persoalan interen yang  yang diakuinya tidak ada titik temu, atas dasar itulah ratusan petugas kebersihan ini datang ke Kantor DPRD Kota Jayapura.

“Jadi mereka ini minta agar saya selaku Ketua DPRD Kota Jayapura memfasilitasi pertemuan mereka dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, untuk mencari solusi yang baik atas persoalan yang terjadi,sayangnya kita sudah sepakat dilakukan pertemuan, tetapi Kepala Dinas Lingkungan Hidup  tidak hadir dalam pertemuan ini karena berhalangan,”terang Abisai Rollo

Sementara itu dengan tidak hadirnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup tersebut sehingga mediasi pun tidak bisa dijalankan dengan para tim petugas kebersihan Kota Jayapura ini, sehingga pihaknya akan menyurati Walikota Jayapura agar melihat masalah ini dan bisa diselesaikan.

Rollo mengaku ada beberapa poin penting  yang disampaikan oleh para petugas kebersihan ini diantaranya mereka mengancam mogok kerja  apabila persoalan ini tidak diselesaikan dengan baik.

“Awalnya mereka sudah sepakat untuk mulai mogok kerja, tetapi saya minta untuk diberikan waktu hingga persoalan ini nantinya disikapi oleh Pemerintah dalam hal ini Walikota dan akhirnya mereka sepakat  berikan tengang waktu satu Minggu kedepan,”terang Rollo.

petugas kebersihan ketika bertemu dengan Ketua DPRD Kota Jayapura,Abisai Rollo.(Hans Palen/Tiffanews)

Rollo menyampaikan, kalau petugas kebersihan ini mogok kerja, maka kota  ini akan dipenuhi sampah, jadi diharapkan persoalan ini bisa diselesaikan dengan baik dengan tenggang waktu yang mereka berikan.

Pada kesempatan ini pula,Abisai Rollo tetap menghimbau kepada petugas kebersihan Kota Jayapura tersebut untuk tetap melakukan aktivitas seperti biasa sampai persoalan  diselesaikan oleh Pemerintah Kota Jayapura.

“Pasti akan ada solusi atau jalan keluar dari semua masalah ini, saya harap agar jangan ada yang mogok kerja, sampai nantinya persoalan ini dijawab atau diselesaikan oleh Pemerintah Kota Jayapura,”pinta Rollo.

Di tempat terpisah Kordinator Perwakilan Petugas Kebersihan Yan Heri Sekediwaru menyampaikan, kehadiran mereka di DPRD Kota Jayapura guna untuk membicarakan hak yang diakuinya tidak diakomodir secara baik oleh  Dinasnya yakni Lingkungan Hidup Kota Jayapura.

“Kami merasa sangat dirugikan, untuk itu kehadiran kami disini karena ada rasa tidak puas,sehingga kami butuh kehadiran sosok kepala Dinas yang bijak guna untuk menyelesaikan berbagai persolan yang ada,”pinta Heri.

Heri mengakui, kehadiran pihaknya di DPRD merupakan suatu langkah yang seharusnya tidak terjadi,akan tetapi demi adanya titik terang atau solusi dari semua persoalan yang terjadi, tentu DPRD sebagai wakil Rakyat bisa memfasilitasi pihaknya untuk dimediasi guna untuk memberikan solusi terhadap persoalan ini.

“Kita berharap ada solusi atas masalah yang kita alami,seharusnya kita tidak datang ke DPRD Kota Jayapura karena ini persoalan interen sebenarnya,tetapi karena tidak ada solusi yang diberikan oleh Kepala Dinas,sehingga kita datang meminta kepada  Ketua DPRD, Abisai Rollo agar bisa difasilitasi,”tutup Heri.(ans).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini