Pedagang Pasar Yotefa Tolak Pindah ke Pasar Baru

0
24
Ketua DPRD,Kota Jayapura,Abisai Rollo,Ketua Fraksi Bhineka Tunggal Ika,H.Syaharudin,Ketua Komisi C,Ismail Bepa Ladopurab bersama anggota dewan lainnya dan pedagang ketika bersaam meninjau bangunan pasar Yotefa baru.(Hans Palen/Tiffanews)
Ketua DPRD,Kota Jayapura,Abisai Rollo,Ketua Fraksi Bhineka Tunggal Ika,H.Syaharudin,Ketua Komisi C,Ismail Bepa Ladopurab bersama anggota dewan lainnya dan pedagang ketika bersaam meninjau bangunan pasar Yotefa baru.(Hans Palen/Tiffanews)

TIFFANEWS.COM-Ribuan pedagang Pasar Yotefa kini bersepakat menolak pemindahan mereka ke lokasi Pasar Yotefa baru yang kini sudah disiapkan oleh Pemerintah Kota Jayapura.

Sementara itu sebelumnya Pemerintah Kota Jayapura tengah mempersiapkan seluruh fasilitas, untuk mengoperasikan Pasar Youtefa baru tersebut, sekaligus memindahkan para pedagang dari pasar Yotefa lama pada tanggal 24 Februari 2020.

Pasar Youtefa Baru yang berlokasi persis di belakang Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) di Kotaraja, Distrik Abepura, Kota Jayapura tersebut dinilai para pedagang belum layak, pasalnya belum dilengkapi fasilitas yang cukup.

Atas penolakan pemindahan tersebut, ribuan pedagang dari pasar Yotefa mereka mendatangi gedung DPRD Kota Jayapura,pada Kamis (20/2) pagi.

Mereka mendesak kepada seluruh anggota dewan untuk menyikapi terkait pemindahan para pedagang yang dinilai belum tepat dan membatalkan niat Pemerintah Kota Jayapura untuk merelokasikan sebagian pedagang ke Pasar Yotefa baru.

“Jadi para pedagang dari pasar Yotefa ini mendatangi kami di DPRD Kota Jayapura,mereka menyampaikan penolakan pemindahan sebagian pedagang ke Pasar Yotefa baru yang kini sudah disiapkan oleh Pemerintah Kota Jayapura,”ucap Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo ketika ditemui usai menerima para pedagang dan meninjau langsung lokasi Pasar Yotefa baru bersama anggota dewan yang lainnya,Kamis(20/2).

Rollo mengatakan, setelah meninjau lokasi Pasar Yotefa Baru bersama dengan pedagang dan anggota DPR, memang dari sisi fasilitas belum terpenuhi semuanya,pasalnya masih ada banyak yang perlu disiapkan sebelum para pedagang ini dipindahkan.

“Saya pikir jangan dipaksakan untuk pedagang ini dipindahkan dulu,mungkin harus semua fasilitas di Pasar Yotefa baru ini dipenuhi dulu,hingga nantinya dibangun memenuhi syarat dan layak,”ucap Rollo.

Ketua DPRD Kota Jayapura,Abisai Rollo bersama anggota dewan lainnya dan pedagang ketika meninjau pembangunan pasar Yotefa baru.(Hans Palen/Tiffanews)

Pada prinsipnya para pedagang ini tidak melawan Pemerintah,mereka hanya lakukan penolakkan dengan berbagai alasan atau pertimbangan lainnya.Pasalnya pemindahan pedagang ini tidak semua dilakukan,hanya sebagian pedagang saja,sementara yang lainnya tetap bertahan di Pasar Yotefa yang lama.

“Kita di DPR juga tidak setuju  dengan pemindahan pedagang dengan cara seperti ini.Dengan melihat  reaksi yang diambil oleh para pedagang ini,maka diharapkan bisa menjadi pertimbangan Pemerintah Kota Jayapura untuk melakukan pemindahan pedagang ini. Mereka setuju pindah asalkan semua pedagang ikut dan fasilitas dipasar baru ini memenuhi syarat dan sebagainya,”tambah Rollo.

Hal Senada disampaikan oleh Ketua Fraksi Bhineka Tunggal Ika di DPRD Kota Jayapura,H. Syaharudin meminta agar Pemerintah Kota Jayapura menunda pemindahan pedagang ke pasar Yotefa yang baru.

“Ya kita menolak juga pemindahan pedagang ini sebelum fasilitas di pasar baru ini disediakan.Pedagang ini tidak menolak pindah asalkan semuanya ikut pindah serta tempat atau fasilitas di pasar baru harus lengkapi dulu,”ucap Syaharudin.

Kata Syaharudin,tidak semua pedagang ini dipindah dulu hanya penjual daging dan ikan, sedangkan pedagang sayur dan lain sebagainya masih tetap bertahan di pasar Yotefa.

Selain itu dari sisi keamanan di pasar baru ini belum terjamin,sehingga perlu didirikan dulu pos keamanan,demikian trasportasinya juga sedikit kesulitan bagi pedagang untuk membawakan barang jualan mereka.

“Ketersedian air dipasar baru ini juga belum ada,sehingga kita minta agar Pemerintah mempertimbangkan kembali pemindahan pedagang ini. Sebaiknya semua fasilitas atau tempat jualan bagi pedagang di pasar baru ini siapkan lebih dulu,baru setelah itu minta pedagang ini untuk pindah ke sana,”tutup Syaharudin.(ans).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini