Wisata Sejarah Goa Jepang Biak yang Selalu Terjaga

0
9
Babinsa Kampung wisata Binsari dan Babinkamtipmas Kamis (20/02) melaksanakan pemantauan di Situs Sejarah Goa Jepang.

TIFFANEWS.COM,- Goa Jepang di  Kampung Wisata Binsari Distrik Samofa, Biak Numfor- Papua, kini menjadi tempat wisata favorit. Goa ini merupakan goa alami tempat yang dijadikan persembunyiaan tentara Jepang pada perang Dunia II.

Lantaran tergolong goa alami, maka bentuk dan struktur goa terlihat begitu indah. Keindahan ini juga didukung oleh berbagai jenis pohon yang tumbuh di sekitarnya, termasuk yang mengantung di atas goa.

Pilihan tentara jepang sebagai tempat berlindung kala itu, memang tidak disanksikan lagi. Letaknya strategis dengan jalur tembus ke pesisir pantai. Goa yang pernah dibom tentara Amerika ini menjadikannya sebagai kuburan masal. Tak heran, jika di dalam goa ini ada ruang untuk menyimpan tulang belulang tentara Jepang,dan peralatan perang Jepang.

Goa yang indah sekaligus menyimpan nilai sejarah ini, kini menjadi andalan pariwisata di Biak Numfor.  Para wisatawan terutama wisatawan dari Jepang yang datang ke Biak selalu menyinggahi goa ini. Begitu pun wisatawan lokal.

Untuk menjaga kondisi tetap aman, lancar dan kondusif bagi wisatawan, Babinsa Kampung wisata Binsari Serda Selamet Suhardi dan Babinkamtipmas Aipda Keliopas Krey,  Kamis (20/02) melaksanakan pemantauan di Situs Sejarah Goa Jepang.

Pada saat pemantauan Babinsa menyampaikan himbauan kepada petugas jaga  di lingkungan Goa Jepang, untk selalu menjaga kebersihan, memberikan pelayanan yang baik dan ramah kepada para Wisatawan baik Tamu Asing  maupun lokal, sehingga mereka merasa senang untuk berkunjung.

Hal lain adalah menjaga kebersihan toilet, yang setiap saat harus bersih, begitu juga para penjaga harus peka terhadap situasi lingkungan, baik di tempat parkir maupun di lokasi Goa.

Selain berkunjung Babinsa dan Babinkamtipmas membantu membersihkan dan mengecet gapura Goa Jepang agar terlihat lebih indah dan bersih. (Ifa)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini