Pemuda Papua Steve Mara, Pimpin Simulasi Sidang PBB di Uzbekistan

0
5
Steve Rick Elson Mara memimpin sidang WTO dalam simulasi sidang PBB yang diselenggaran di Uzbekistan, sejak 28 Februari hingga 1 Maret 2020

TIFFANEWS.COM,- Pemuda asal Papua, Steve Rick Elson Mara dipercayakan memimpin sidang World Trade Organisation(WTO) dalam simulasi sidang PBB yang diselenggaran di Uzbekistan, sejak 28 Februari hingga 1 Maret 2020.

Kegiatan ini diikuti 7 organisasi paling berpengaruh yaitu UN ECOSOC, European Union, World Bank, World Tourism Organisation, World Trade Organisation, Shanghai Cooperation Organisation, dan Cabinet Of Ministers.

Simulasi sidang PBB yang merupakan Model United Nations (MUN), saat ini sangat diminati anak muda dari seluruh penjuru dunia. Model United Nation ini menghadirkan generasi muda yang bermain peran sebagai delegasi ke PBB dan mensimulasikan komite PBB. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk konferensi.

Dalam kegiatan ini, generasi muda yang hadir menampilkan keterampilan mereka dalam riset, berbicara di depan umum, debat, dan menulis, serta kemampuan berpikir kritis, kerja tim, dan kepemimpinan. Setiap delegasi diberi kesempatan untuk menunjukkan skil berbicara pidato yang merinci posisi negara mereka tentang topik tersebut dan menawarkan solusi yang dapat menyelesaikan sebuah persoalan dalam topik.

Dalam simulasi, sidang dipimpin oleh seorang pimpinan sidang dan dibantu oleh 2 wakil pimpinan sidang yang akan memoderasi perdebatan yang terjadi dalam ruangan sidang. Akhir dari sidang ini dibuat resolusi yang ditawarkan kepada forum oleh masing-masing blok yang terbentuk dalam forum tersebut. Kegiatan ini menjadi sebuah kegiatan diplomasi yang sangat mendidik bagi masa depan sebuah bangsa.

“Saat ini sebagai anak muda kita harus terus berkarya dimana pun dan kapan pun, mengikuti kegiatan positif akan mengembangkan keterampilan kita dalam berbagai hal, sehingga saya mengajak seluruh anak muda Indonesia dan khususnya di Papua untuk terus belajar dan  mempersiapkan diri kita untuk menghadapi masa depan yang akan penuh dengan tantangan” kata Steve Mara.

Mahasiswa S2 Universitas Pertahanan ini juga menyampaikan bahwa Indonesia merupakan sebuah negara yang sangat peduli dengan kegiatan diplomasi antar negara karena politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif, artinya Indonesia membuka diri untuk melakukan diplomasi dengan negara mana saja namun Indonesia tetap mencintai kedaulatan negara kesatuan, sehingga jika pemuda terus mengembangkan minat di bidang Diplomasi maka akan menjadi sebuah kekuatan besar bagi bangsa khususnya dalam bidang hubungan Internasional.

Sempat Terkendala dengan Akomodasi menuju Uzbekistan, Steve mengaku diberikan dukungan penuh oleh Kapolda Papua Irjend Pol Paulus Waterpauw “Ya, saya didukung oleh Kk Besar untuk berangkat ke Uzbekistan mengikuti kegiatan ini, sehingga dalam kesempatan ini saya sampaikan terima kasih kepada kk Besar Paulus Waterpauw atas komitmenya mendukung anak muda Papua untuk berkarya dimanapun”.

Steve Rick Elson Mara

Dari keikutsertaan di forum ini, Steve Mara mengungkapkan bahwa banyak anak di luar negeri yang juga membutuhkan banyak belajar tentang hal baru terutama konferensi Internasional. Dia berbangga bahwa sebagai anak Papua punya kelebihan yang sebetulnya tidak dimiliki oleh orang lain.

“Ya, kita anak-anak muda Papua punya banyak kelebihan yang sebetulnya tidak dimiliki oleh orang di negera lain, dan sebaliknya mereka juga punya kelebihan yang tidak kita miliki,” katanya.

Dia menuturkan tidak ada yang terlambat untuk merubah segala sesuatu menjadi lebih baik, Kita tidak terlambat kita hanya perlu merubah strategi.

Ada beberapa catatan yang dibuatnya untuk dibagi, pertama, jangan tunggu sampai siap baru mulai mengerjakan sesuatu, kerjakanlah sebelum kita benar-benar siap untuk mengejarkannya karena disana kita akan tahu prosesnya.

Kedua, carilah hal-hal baru yang bisa kita lalukan. Jangan terlalu banyak ikut orang lain. Kita harus punya brand sendiri. Ketiga, jika kita mau melakukan sesuatu, kita harus tanya dulu, apakah ini berguna untuk masyarakat tidak? Karena jika itu berguna untuk masyarakat maka sudah pasti itu berguna untuk kita.

Keempat, Jika lakukan sesuatu, pikirkan juga apa yang akan terjadi jika hal ini tidak berjalan sesuai rencana? Sehingga kita bisa tahu rencanan B dan C.

“Tetap Semangat untuk semua pemuda Papua, Jika kita peduli untuk masa depan Papua. Ayo belajar lebih semangat dari biasanya. Orang-orang biasa seperti kita, bisa melakukan sesuatu yang luar biasa dengan strategi yang tepat,” ujarnya.

Steve Rick Elson Mara merupakan anak dari Alm. Otniel Mara dan Ruth H. Wondiwoy. Steve menamatkan S1 di STIH Umel Mandiri Jayapura dan saat ini sedang studi S2 Universitas Pertahanan. Pernah Menjadi Ketua BEM di STIH UM dan saat ini menjabat sebagai Ketua Pemuda LIRA Provinsi Papua.*(Bn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini