Terkait Perayaan Misa Hari Minggu, Uskup Jayapura Kembali Menyurati Umatnya

0
6
Mgr. Leo Laba Ladjar

TIFFANEWS.COM,-Uskup Keuskupan Jayapura, Mgr. Leo Laba Ladjar kembali menyurati umatnya terkait Penetapan Perayaan Misa dan Ibadat Sabda Hari Minggu.

Sebeumnya Uskup Jayapura telah mengeluarkan surat edaran Uskup Jayapura No.75, Tanggal 19 Maret 2020,yang  memberikan sejumlah petunjuk untuk kegiatan Kegerejaan dan tindakan-tindakan yang perlu untuk penghambat penyebaran COVID-19.

Melalui Surat tanggal 22 Maret 2020, No. 76 /2020/1.1.1 ini, Uskup mengatakan khusus untuk misa dan ibadat sabda hari minggu lalu kita masih laksanakan di gereja dengan mematuhi petunjuk-petunjuk untuk “jaga jarak” atau yang disebut “social distancing”, cuci tangan dan  sebagainya.

 “Kesan kami umat cukup patuh pada petunjuk-petunjuk itu,”kata Uskup.

Kata Uskup, situasi kini semakin kritis dan menuntut tindakan yang lebih tegas, maka dengan memperhatikan deklarasi dari kongregasi untuk ibadat dan disiplin sakramen (Roma), dan ketetapan Keuskupan Agung Jakarta,  Uskup menetapkan Misa hari Minggu dan ibadat bersama umat di gereja-gereja ditiadakan.

Umat tinggal di rumah dan berdoa bersama sekeluarga, dengan mengikuti tata ibadat sabda yang ada dalam Madah Bakti atau buku-buku liturgi lainnya. Bapak atau ibu hendaknya memimpin ibadat/doa bersama itu.

Paroki-paroki kota yang bisa mengusahakan sarana untuk penyiaran langsung (live streaming) mohon mengusahakannya dan mengumumkan jam dan cara bagaimana menangkap siaran agar sebanyak mungkin orang bisa ikut dari rumah.

Paroki-paroki di pedalaman dan pegunungan hendaknya lihat situasi. Umat bisa berkumpul di gereja seperti biasa kalau tidak ada orang yang tiba dari tempat lain dalam empat belas hari terakhir dan tidak menjalani periode isolasi diri di rumahnya.

“Ketetapan ini berlaku sampai empat April. Akan ditinjau kembali, kalau otoritas menetapkan status yang lebih tinggi daripada status darurat seperti sekarang ini. Kalau suasana belum dianggap normal, maka akan kita lihat bagaimana cara kita merayakan Pekan Suci, Trihari Suci dan Paskah,”kata Uskup Leo. (Bn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini