Lukas Enembe: Tidak Ada Lockdown di Papua

0
9
Lukas Enembe (Foto:Hans Palen/Tiffanews.Com)
Lukas Enembe (Foto:Hans Palen/Tiffanews.Com)

TIFFANEWS.COM-Gubernur Papua, Lukas Enembe menyampaikan tidak ada rencana pemberlakukan lockdown di Provinsi Papua dalam mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

Sementara itu keputusan ini diambil oleh Gubernur Lukas Enembe usai dirinya menggelar rapat bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dengan para Bupati dan Walikota se Tanah Papua yang di dilaksanakan di Gedung Negara, Selasa (24/3).

“Tidak ada pemberlakukan lockdown di Papua, hanya pembatasan sosial saja, dengan melarang sementara waktu orang masuk Papua baik melalui jalur udara maupun laut,” ungkap Lukas Enembe.

Lukas mengatakan, untuk wilayah adat Meepago, Lapago dan Animha ditutup. Hal ini dilakukan karena daerah-daerah tersebut rawan terhadap penyebaran dari virus corona atau covid-19.

“Untuk pembatasan sosial ini, khusus pengiriman barang dari luar ke Papua itu tetap jalan, tetapi yang dilarang itu adalah manusianya yang sementara waktu kedepan tidak diijinkan untuk masuk ke Papua,” ucap Lukas Enembe.

Lanjut Gubernur Lukas, pembatasan sosial di Papua  mulai berlaku sejak hari Kamis, 26 Maret – 9 april 2020 atau selama 14 hari kedepan. Namun pihaknya akan tetap melihat perkembangan kedepan akan penyebaran wabah covid-19 di Papua.

“Jadi langkah ini terpaksa diambil pemerintah oleh Pemerintah Provinsi Papua mengingat sudah ditemukannya dua pasien yang positif Covid-19 di Kabupaten Merauke,”ucap Gubernur.

Gubernur menambahkan, sampai sekarang ini Papua masih siaga darurat terhadap penyebaran wabah covid-19. Sehingga pihaknya pada kesempatan ini juga membatasi pergerakan masyarakat yang dibatasi hanya mulai pukul 06.00 hingga pukul 14.00 WIT.

“Kami minta masyarakat harus paham dengan situasi yang terjadi saat ini, tidak boleh lagi berkeliaran sembarangan dijalan atau berkumpul yang melibatkan banyak orang demi mencegah penyebarn wabah virus corona ini,”tutup Gubernur Lukas Enembe.(ans).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini