oleh

Inovasi dan Kecepatan, LKBN ANTARA Optimis Jalankan Tugas di Tengah Pandemi Covid-19

TIFFANEWS.COM,- Manajemen Perum LKBN ANTARA optimis dapat menjalankan tugas dan fungsinya di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Sejak Januari 2020, ANTARA memproduksi konten terkait Covid-19 lebih dari 33.500 berita, tidak termasuk berita foto, video infografis maupun foto story lainnya.

Hal ini diungkapkan Direksi Utama Perum LKBN ANTARA Meidyatama Suryodiningrat dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) virtual Komisi VI DPR RI, Selasa (5/5/2020). Selain Kantor Berita ANTARA, RDP yang dipimpin  Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima juga menghadirkan  PT. Telkom Indonesia.

RDPU dihadiri separuh dari 53 anggota Komisi VI DPR RI dan dari ANTARA selain, juga hadir Direktur Pemberitaan Akhmad Munir, Direktur Komersil dan Pengembangan Bisnis Hempi N Prajudi, dan Direktur Keuangan MSDM dan Umum Nina Kurnia Dewi.

RDP kali itu diselenggarakan untuk mendapatkan gambaran dan masukan dari dua BUMN bidang media dan telekomunikasi, Perum LKBN Antara dan PT Telkom. Komisi VI DPR RI mempunyai ruang lingkup tugas di bidang perindustrian, perdagangan, koperasi dan UKM, BUMN, investasi, dan standardisasi nasional.

Dalam pemaparannya, Meidyatama Suryodiningrat mengatakan ANTARA terus berupaya untuk menjalankan fungsi sebagai sumber informasi penting di tengah kebingungan dan kepanikan masyarakat saat pandemi COVID-19.

” Kami berada di garis depan setiap hari, harus menjalankan fungsi kami,” ujar Meidyatama

Dalam kesempatan itu, Meidyatama, juga mengatakan bahwa kini ANTARA memiliki “Jaringan Antara Cegah Hoax” yang menyajikan fakta dan data seputar hoax yang beredar di masyarakat, termasuk di media sosial dan memiliki jalur distribusi informasi yang kuat ke daerah-daerah di Indonesia serta memiliki program kerja sama dengan koran-koran daerah

“Secara umum, ANTARA adalah supplier dari berbagai media yang ada. Kekuatan kami adalah di daerah, di luar Jakarta,” katanya.

Sementara itu, anggota Komisi VI DPR RI Achmad Baidowi menilai ANTARA memiliki nama besar dan sejarah yang panjang, namun seakan terbenam di balik masifnya perkembangan teknologi informasi digital.

Untuk itu Baidowi mendorong kreativitas para pegawai LKBN ANTARA untuk tetap eksis di bidangnya.

“Dalam beberapa hal seringkali masih kalah cepat, khususnya di online-nya. Kalau ditanya ke masyarakat media mana yang paling digunakan, barang tentu ANTARA ini tidak disebut,” ujarnya.

Politisi Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) ini berharap LKBN ANTARA tetap dapat meningkatkan kreativitas dan inovasinya untuk tetap eksis di Indonesia.

“Inovasi-inovasi dan kreasi-kreasi yang dilakukan LKBN ANTARA, kami harapkan terus ditingkatkan supaya bisa menjaga keseimbangan perusahaan,” tukasnya. (Bn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed