Jayawijaya Ubah Batas Wilayah dengan Kabupaten Lanny Jaya

Tukan Ben
Marthin Yogobi saat memantau perbatasan Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Lanny Jaya. (Foto : ANTARA/Marius Frisson Yewun)

TIFFANEWS.COM,- Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, sedang mengubah batas wilayah antar kabupaten ini dengan Kabupaten Lanny Jaya sebab gapura perbatasan yang dijadikan pembatas, lebih masuk ke arah Jayawijaya.

Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi di Wesaput, Rabu (23/6), mengatakan Pemerintah Jayawijaya sudah berkoodinasi dengan Pemerintah Lanny Jaya.

“Tugu perbatasan yang ada di wilayah Kampung Abuneri, itu mungkin sedikit ada kekeliruan sebab masyarakat sampaikan jika sesungguhnya batas adalah di Bawah Kaki Bukit Kori, tepatnya di Kali, bukan di tugu yang sekarang ada,” katanya.

Marthin mengatakan jarak antara tugu perbatasan yang sudah dibangun dan Kali di Bukit Kori cukup jauh. Tugu perbatasan yang ada akan dibongkar dan digeser ke arah Kali Bukit Kori.

“Perbatasan ini berada di Distrik Pyramid Kabupaten Jayawijaya dan Distrik Maki, Kabupaten Lanny Jaya,” katanya.

Ia memastikan di lokasi patok perbatasan yang baru, tidak ada aset milik Pemda Lanny Jaya selain permukiman warga.

“Ada satu sekolah di Abuneri (kampung di perbatasan) itu guru-gurunya semua masih ditempatkan dari Pemda Jayawijaya. Kemarin juga ada gereja yang ada di depan tugu perbatasan, kita juga masih berikan bantuan ke sana,” katanya.

Pemerintah Jayawijaya berbatasan dengan Kabupaten Yalimo, Yahukimo, Tolikara, Nduga serta Kabupaten Mamberamo Tengah. Persoalan tapal batas antar beberapa kabupaten sudah diselesaikan, termasuk pengembalian aset pemerintah di lokasi perbatasan-perbatasan ini. (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TNI Papua Terima Dua Senjata Rampasan KKB

TIFFANEWS.COM,- Personel TNI yang bertugas di wilayah Kodim 1702/Jayawijaya, Papua, menerima dua pucuk senjata api rampasan kelompok kriminal bersenjata (KKB). Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Arif B Situmeang di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Rabu (23/6), mengatakan dua senjata yang sudah diamankan di Makodim ini diterima dari Satgas Mandala 1 yang […]
Instagram did not return a 200.
Translate »