Jelang PON XX Papua, Warga Distrik Sentani Antusias Ikut Vaksinasi Massal

Tukan Ben

TIFFANEWS.COM, – Jelang PON XX Papua, antusias warga  Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura untuk mendapatkan vaksinasi guna menekan resiko terkena Covid-19 begitu tinggi. Tingginya antusias warga ini pun lantaran terjadi angka kasus penambahan Covid-19 mengalami peningkatan beberapa pekan belakangan ini.

Hal ini nampak terlihat saat Pemerintah Distrik (Pemdis) Sentani menggelar vaksinasi massal di Halaman Kantor Distrik Sentani, Jalan Raya Sentani-Kemiri, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (7/7).

Pantauan di lokasi, masyarakat umum, lansia dan para pegawai terlihat antusias mengikuti vaksinasi massal ini. Petugas penyuntik vaksin dari Puskesmas Sentani. Ada beberapa layanan penyuntikan vaksin yang disediakan, sehingga prosesnya cukup untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Kepala Distrik Sentani Eroll Yohanis Daisiu (Foto : Irfan/tiffanews.com)

Kepala Distrik (Kadistrik) Sentani, Eroll Yohanis Daisiu mengatakan vaksinasi massal ini dilakukan untuk umum dan juga membantu program Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam pemberian vaksin kepada masyarakat umum, Sehingga bisa secepatnya terbentuk kekebalan kelompok atau herd immunity dalam upaya menekan penyebaran Covid-19.

“Jadi untuk Distrik Sentani, sesuai arahan dari Pak Bupati Jayapura itu sudah kita lakukan hari ini dan kita akan lakukan lagi vaksin massal di Kelurahan/Kampung,” ujar Eroll Yohanis Daisiu ketika dikonfirmasi wartawan media online ini usai pelaksanaan vaksinasi massal tersebut, Rabu (7/7) sore.

“Kemudian dari hasil rapat di Gunung Merah dengan seluruh Perangkat Daerah (PD) yang dipimpin langsung oleh Pak Bupati, itu ada 28 titik yang akan kita lakukan vaksin massal yang kita mulai hari ini dan targetnya adalah masyarakat umum sebanyak 250 orang. Vaksinasi ini juga kita akan laksanakan di Kampung/Kelurahan dengan sasaran sebanyak 28 titik,” ucapnya menambahkan.

Dalam pelaksanaan vaksinasi massal ini, Pemerintah Distrik (Pemdis) Sentani bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura dalam hal ketersediaan vaksin. Sedangkan pelaksana vaksin di lapangan itu dari Puskesmas Sentani. Pemdis Sentani juga akan melaksanakan vaksinasi massal di Kampung/Kelurahan.

“Vaksin massal yang hari ini kita lakukan itu untuk Distrik Sentani, yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan pelaksana di lapangan itu dari Puskesmas Sentani. Masyarakat yang tadi sudah lakukan vaksin itu ada sebanyak 250 lebih dari kuota yang disiapkan oleh petugas medis itu sekitar 250 orang. Ternyata antusias warga yang datang untuk ikut vaksin tahap pertama itu banyak sekali dan untuk vaksin tahap kedua kita akan lakukan pada tanggal 4 Agustus 2021 nanti,” imbuhnya.

“Saya minta kepada masyarakat agar jangan takut divaksinasi. Saya juga sudah menerima vaksin dua kali, tapi tetap pakai protokol kesehatan (Prokes) sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Kadistrik Sentani.

Eroll Yohanis Daisiu pun mengimbau kepada masyarakat selama pandemi Covid-19 masih ada, protokol kesehatan atau Prokes harus tetap dijalankan saat beraktivitas. Terutama memakai masker dan menjaga jarak. Apalagi, di Kabupaten Jayapura khususnya di Distrik Sentani saat ini kasus Covid-19 mengalami peningkatan.

“Kami imbau kepada seluruh masyarakat di Distrik Sentani agar mendatangi seluruh fasilitas kesehatan yang telah disiapkan oleh pemerintah untuk melakukan vaksinasi. Karena dengan vaksin, tubuh kita menjadi sehat. Dengan sudah melakukan vaksin, juga kita bisa kemana saja dengan menunjukkan kartu sertifikat vaksin. Seperti saat mau berangkat dengan menggunakan kapal laut atau pesawat, kita bisa melakukan perjalanan kemana saja dengan menunjukkan sertifikat vaksin,” paparnya.

Pemerintah Distrik Sentani bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura akan melakukan vaksinasi massal di 28 titik yang ada di Kelurahan/Kampung.

“Jadi 28 titik terdapat di Kelurahan Sentani Kota, Kelurahan Dobonsolo dan Kelurahan Hinekombe itu masing-masing ada 5 titik, sedangkan di setiap kampung itu ada 2 titik. Sehingga kalau kita totalkan semuanya ada 28 titik vaksinasi massal di Kelurahan/Kampung yang ada di Distrik Sentani,” tukas Eroll Yohanis Daisiu.

Pemerintah Distrik Sentani akan kembali melakukan vaksinasi massal tingkat Kelurahan pada Jumat (16/7/2021) mendatang di Kelurahan Hinekombe, tepatnya di Jalan Sosial.

Untuk diketahui, Kabupaten Jayapura merupakan salah satu Klaster penyelenggaran PON XX Papua. Beberapa pertandindan PON XX akan digelar di wilayah ini. Bahkan   Kabupaten Jayapura sebagai tuan rumah pembukaan dan penutupan penyelenggaraan event olahraga akbar itu. (Irf)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kepala DP2KP Bantah Adanya Penyalahgunaan Anggaran Pembangunan Hotel Thabita

TIFFANEWS.COM,- Kepala Dinas Pertanahan, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DP2KP) Kabupaten Jayapura, Terry F. Ayomi, mengatakan tidak ada indikasi penyalahgunaan anggaran dalam pembangunan Hotel Thabita Convention Sentani, Kabupaten Jayapura. “Jadi di situ yang saya ingin klarifikasi soal salah penggunaan, sebenarnya bukan salah penggunaan anggaran, tetapi ada kelebihan pembayaran uang muka dan […]
Instagram did not return a 200.
Translate »