Jimmy Yoku Siap Bertugas Sebagai Sekretaris Bappenda

Tukan Ben

TIFFANEWS.COM, – Murah senyum dan penuh semangat. Begitulah kesan pertama saat betemu dengan Jimmy Yoku. Pria yang kini menjabat sebagai Sekretaris Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Jayapura ini, sejak tanggal 29 Juni 2020 lalu diamanahkan sebagai Sekretaris Bappenda Kabupaten Jayapura.

Jimmy Yoku yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup ini, sebenarnya sudah tak asing lagi dalam dunia pengelolaan pendapatan daerah. Pasalnya, Jimmy juga sempat menjabat sebagai salah satu Kepala Bidang di Bappenda Kabupaten Jayapura.

“Saya secara pribadi, untuk posisi yang sekarang sebagai sekretaris Bappenda itu saya pikir jabatan baru yang saya emban ini merupakan suatu amanah dari pimpinan maupun masyarakat dan terlebih ini adalah anugerah dari Tuhan. Tentunya, pasti kedepan saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk membackup pa Kaban, dalam rangka mengemban tugas beliau yang memimpin OPD Bappenda ini. Yaitu, bagaimana kita bisa mencapai target pendapatan daerah yang sudah ditetapkan,” kata Jimmy Yoku ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/7).

Menurutnya, selaku pegawai ia siap ditempatkan dimana pun sesuai arahan pimpinan. Selain itu, kata Jimmy, jabatan sekretaris Bappenda adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan dan tugasnya adalah untuk melakukan pembenahan secara internal.

Sekretaris Bappenda Kabupaten Jayapura, Jimmy Yoku (Foto : Irfan/tiffanews.com)

“Sebagai sekretaris, bagaimana membenahi ke dalam terutama soal kedisiplinan dan juga mental staf yang perlu kita harus genjot. Supaya mereka kembali mendapat satu penyegaran, sehingga kita bisa sama-sama berjalan. Yang, diibaratkan kita ini adalah satu tim yang tidak mungkin kepala dan ekor ini jalan sendiri-sendiri,”ujarnya.

“Bagaimana kita bisa merangkai kepala dan ekor ini biar berjalan bersamaan atau ekor dapat mengikuti kepala. Artinya, kita juga harus bisa memperhatikan kesejahteraan mereka dan sebaliknya mereka harus merasa kalau diperhatikan. Sehingga tanggung jawab mereka terhadap daerah dalam hal ini bagaimana bisa mengejar atau mencari pundi-pundi pendapatan untuk kepentingan pembangunan di daerah ini. Saya pikir itu terutama adalah pembinaan mental untuk teman-teman staf agar bisa mengangkat mereka kembali,” imbuhnya.

“Kita juga tidak bisa menyalahkan pimpinan yang terdahulu, tetapi kita belajar terus ke depan. Jadi yang lalu biarlah berlalu itu menjadi pengalaman bersama dan kita terus jalan ke depan. Kalau ada hal yang baik, kita tetap jadikan itu sebagai bahan untuk digunakan kedepannya,” sambungnya.

Dia mengaku penunjukan dirinya sebagai Sekretaris Bappenda itu tidak kaget karena ia merasa kembali ke tempat awalnya. Ia juga menyatakan siap menjadi sekretaris Bappenda menggantikan pejabat sebelumnya.

“Saya siap jalankan tugas sesuai amanah dari pak bupati dan wakil bupati. Kita segera menyelesaikan pekerjaan yang tertunda,” ujarnya di akhir wawancaranya. (Irf)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Paripurna Jawaban Bupati Atas Laporan Banggar DPRD Kabupaten Jayapura

TIFFANEWS.COM,- DPRD Kabupaten Jayapura menggelar rapat paripurna III masa sidang II dengan agenda Jawaban Bupati atas Laporan Badan Anggaran (Banggar) DPRD terkait hasil evaluasi dan analisis serta rekomendasi terhadap LKPD dan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Jayapura tahun anggaran 2020,di ruang rapat paripurna, Kantor DPRD Kabupaten Jayapura, Kompleks Perkantoran Gunung […]
Instagram did not return a 200.
Translate ยป