KAP Jayawijaya Bina Mama-mama Penjual Pinang

Tukan Ben
Pertemuan KAP Papua dan mama-mama penjual pinang. (Foto : ANTARA/Marius Frisson Yewun)

 

TIFFANEWS.COM,-  Kamar Adat Pengusaha (KAP) Papua di Jayawijaya, Provinsi Papua, membina mama-mama asli Papua yang sehari-hari bekerja sebagai penjual pinang.

Ketua KAP Papua Kabupaten Jayawijaya Agustinus Kossay di Wamena, Rabu (13/10) mengatakan mama-mama yang mengikuti pembekalan merupakan representasi dari penjual pinang di beberapa titik di kota maupun pinggiran.

“Tujuannya untuk memberikan pembekalan atau pembinaan sekaligus saling tukar pikiran berkaitan dengan pengalaman mama-mama kita dalam berjualan pinang,” katanya.

Melalui kegiatan ini KAP mendata apa yang dialami mama-mama tersebut dari sisi modal, termasuk berkaitan dengan pinjaman mereka ke koperasi-koperasi dan fasilitas jualan.

“Setelah kegiatan ini, KAP sebagai wadah representase UU Otsus sebagai wadah pribumi akan memperjuangkan nasib mama ini kepada pemerintah,” katanya.

KAP akan ikut memperjuangkan nasib mama-mama itu ke pemerintah sebab status dari sebagian mama-mama itu sudah ditinggal suami atau hidup sendiri tanpa suami.

“Sehingga bagaimana mereka berusaha hidup mandiri dengan berjualan pinang. Kami mendengar kadang mereka terbentur modal, kadang juga pinjam, tetapi dengan pengembalian yang besar sehingga KAP berusaha memperjuangkan keluhan mama-mama ini,” katanya

KAP mengharapkan mama-mama itu lebih maju untuk menghidupi diri sendiri dan anak dalam pengembangan usaha.

“Setelah pembinaan ini, selanjutnya dengan keterbatasan daya, kami menyediakan 27 meja jualan pinang dan sedikit modal sebagai langkah awal untuk motivasi mama-mama Papua,” katanya.(ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kapolda Papua Pimpin Rakor Pengamanan Penutupan PON XX

  TIFFANEWS.COM,-  Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri, Rabu (13/10) memimpin rapat koordinasi pengamanan penutupan PON XX yang dijadwalkan berlangsung Jumat (15/10). Dalam rapat kordinasi yang berlangsung di Jayapura, Kapolda Papua didampingi Asops Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto, dan Kaops Deraku Cartenz Brigjen Pol Suhendri. Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri […]
Instagram did not return a 200.
Translate »