Karantina Pertanian Merauke Musnahkan Ayam Ilegal Pembawa Virus ND dan Flu Burung

Marcel
Kepala Stasiun Karantina Pertanian kelas I Merauke, Sudirman. (Foto : Tiffanews.com/Bobby)

TIFFANEWS.COM – Dua ekor ayam jantan ilegal dimusnahkan Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke, yang positif terjangkit virus Newcastle Disease (ND) dan flu burung, selasa (15/06/2021).

Kepala Stasiun Karantina Pertanian kelas I Merauke, Sudirman menjelaskan. Dua ekor ayam ini masuk melalui pelabuhan Merauke beberapa waktu lalu, dana langsung diamankan petugas karna tidak disertai sertifikat karantina hewan, dan dari hasil pemeriksaan kedua ayam tersebut terpapar hama penyakit.

“kedua ekor ayam yang kita musnahkan pada hari ini, selain tidak disertai dokumen dari daerah asal (manado) juga hasil uji laboratorium juga menunjukan unggas tersebut terjangkit virus ND dan flu burung,”

Pemusnahan ini sebagai langkah pemutusan terhadap masuknya virus yang di sebarkan melalui media unggas, dimana kabupaten Merauke termasuk slaah satu wilayah yang bebas dari virus flu burung.

Selain dua ayam dewasa, ratusan ekor anak ayam mati akibat terserang penyakit Direction of Cure (DOC) juga ikut dimusnahkan, yang didistribusi ke Merauke melalui mitra perusahaan. “tadi juga ada 263 ekor anak ayam mati karena DOC kita musnahkan” tuturnya.

Acara pemusnahan juga di saksikan langsung oleh pemilik unggas, perwakilan Dinas Peternakan, TNI, Polsek dan Pelni. Selain itu sebanyak 3 kali Stasiun karantina sudah melakukan pemusnahan serupa.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang membawa unggas maupun tumbuhan dari luar kota, harus dilengkapi dokumen atau sertifikat karantina dari kota asal. (Bby/Cel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemprov Papua: Persiapan Peparnas XVI 2021 Sudah Maksimal

TIFFANEWS.COM,- Pemerintah Provinsi Papua menyebutkan pihaknya telah secara maksimal mempersiapkan diri sebagai tuan rumah penyelenggaraan pesta olahraga disabilitas Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI 2021.. Persiapan Pemprov Papua dalam penyelenggaraan Peparnas XVI 2021 yang akan digelar di Papua, pada 2 hingga 15 November itu sudah maksimal, baik fasiltas infrastruktur, venue maupun […]
Instagram did not return a 200.
Translate »