Kasus COVID-19 Naik, Rumah Sakit di Kota Jayapura Tingkatkan Kapasitas

Tukan Ben
dr.Silwanus Sumule.(Foto:Hans Palen/Tiffanews.Com)
dr.Silwanus Sumule.(Foto: Dok Tiffanews.Com)

TIFFANEWS.COM,- Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Papua dr. Silwanus Sumule mengatakan saat ini sejumlah rumah sakit khususnya yang ada di Kota Jayapura mulai menambah kapasitas, terutama ruangan dan tempat tidur yang akan digunakan untuk pasien COVID-19.

Memang benar saat ini beberapa rumah sakit melakukan perombakan guna menambah tempat tidur bagi pasien COVID-19 termasuk RSUD Jayapura, RSUD Abepura dan RS Provita.

Penambahan ruangan dan tempat tidur dilakukan mengingat terus meningkatnya kasus positif COVID-19 di Kota Jayapura, kata dr. Silwanus  di Jayapura, Minggu (11/7).

Dr. Silwanus yang juga menjabat Wadir di RSUD Jayapura mengatakan untuk RSUD Jayapura saat ini tersedia 23 tempat tidur dan semua terisi sehingga dilakukan pengoptimalan ruangan yang ada.

Bila terjadi lonjakan di Kota Jayapura kemungkinan akan menempatkan pasien COVID-19 dengan pasien umum, namun tetap ada ruang pembatasan,

“RSUD Jayapura menangani pasien yang sakit sedang terindikasi sedang hingga berat, ” kata dr Sumule seraya mengakui, untuk RSUD DOK II Jayapura saat ini memiliki tiga alat bantu pernafasan atau ventilator dan jumlah tersebut masih kurang.

Direktur RS Provita Jayapura dr. Stevanus secara terpisah mengakui saat ini sedang melakukan pembenahan guna menambah kapasitas sehingga bisa menampung pasien COVID-19 lebih banyak.

Sebetulnya manajemen sempat mengurangi ruangan untuk menangani pasien COVID-19, akibat menurunkan jumlah pasien, namun saat ini harus ditambah karena terjadinya lonjakan.

RS Provita akan menyediakan sekitar 50 tempat tidur untuk pasien COVID-19, dan menyiapkan tangga khusus atau lift sehingga tidak bercampur dengan pasien lainnya, kata dr. Stevanus.

Secara kumulatif hingga Sabtu (10/7) kasus COVID-19 di Kota Jayapura tercatat 9.897 orang, 9.154 orang sembuh, 176 orang meninggal dan 567 orang dirawat, termasuk 178 orang menjalani karantina di LPMP Kotaraja. (ant/bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kasus Positif COVID-19 di Kabupaten Mimika Tertinggi di Papua

TIFFANEWS.COM,- Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Papua menyatakan kasus positif COVID-19 di Kabupaten Mimika tertinggi di Papua. Jubir SGPP COVID-19 Papua dr. Silwanus Sumule,  di Jayapura, Minggu (11/7) mengatakan kasus positif COVID-19 tertinggi hingga Jumat (9/7) adalah Kabupaten Mimika yakni 713 orang menyusul Biak Numfor 529 orang, Kota Jayapura 508 […]
dr.Silwanus Sumule.(Foto:Hans Palen/Tiffanews.Com)
Instagram did not return a 200.
Translate »