Keluarga Besar Ikemal Sambut Kontingen Maluku PON XX

Tukan Ben
Rombongan kontingen PON XX Maluku saat disambut oleh keluarga besar Ikemal, di halaman Gereja GKI Onomi Felavouw, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (16/9/2021) (Foto : Irfan/tiffanews)

TIFFANEWS.COM,- Tinggal beberapa minggu PON XX Papua digelar, para atlet, ofisial dan pelatih pun mulai berdatangan ke Bumi Khenambay Kabupaten Jayapura, yang menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara PON XX Papua.

Pantauan tiffanews, pertama tiba di Kabupaten Jayapura adalah atlet, ofisial dan pelatih asal Provinsi Sulawesi Tenggara dari cabor Dayung, kemudian disusul atlet, ofisial dan atlet asal Kalimantan Timur dari cabor sepatu roda sekitar pukul 12.50 WIT.

Sedangkan untuk kloter ketiga dari rombongan tim PON XX asal Provinsi Maluku tiba sekitar pukul 13.21 WIT menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 654, berjumlah 33 orang terdiri dari atlet tiga cabor, ofisial dan pelatih.

Mereka disambut oleh Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) Provinsi Papua, Ikemal Kabupaten dan Kota Jayapura dengan Tarian Perang asal Kei Maluku Tenggara.

Ketua Umum Ikemal Pusat di Tanah Papua, Christian Sohilait, M.T, M.Si, kepada wartawan mengatakan, penyambutan rombongan kontingen PON XX asal Provinsi Maluku yang terdiri atlet, pelatih dan ofisial oleh Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) ini kontingen kloter ketiga.

Selain itu, kata Christian Sohilait, penyambutan ini sebagai bentuk dukungan moral terhadap pahlawan olahraga asal Bumi Pattimura, Maluku yang siap berlaga di ajang perhelatan PON XX di Papua tahun 2021.

“Jadi hari ini yang datang adalah kloter ketiga sebanyak 33 orang. Untuk kontingen Maluku itu berjumlah tujuh (7) kloter. Yakni, kloter pertama kemarin sudah tiba disini, kemudian kloter kedua juga sudah tiba kemarin di Merauke, lalu yang hari ini kloter ketiga tiba disini. Sementara untuk kloter keempat tiba 19 September nanti, lalu kloter kelima 23 September, kloter keenam 28 September dan kloter yang terakhir 1 Oktober 2021 mendatang,” ujarnya, di halaman Gereja GKI Onomi Felavouw, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (16/9/2021).

Setelah tiba di Bandara Sentani, rombongan atlet, ofisial dan pelatih dari tim cabor Dayung, Muaythai dan Taekwondo Provinsi Maluku diangkut menggunakan bus dan kendaraan pribadi yang telah disiapkan oleh Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura dengan Ikemal Papua maupun Kabupaten/Kota Jayapura menuju GKI Onomi Felavouw, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, guna dijamu oleh keluarga besar Ikemal.

Penyambutan rombongan atlet, ofisial dan pelatih dari kontingen PON XX asal Provinsi Maluku ini selain dihadiri Ketua Umum Ikemal Pusat di Tanah Papua Christian Sohilait, juga dihadiri Wakil Ketua Umum (Waketum) II Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura Pdt. Alberth Yoku, S.Th, Ketua Ikemal Kabupaten Jayapura Herald J. Berhitu beserta sejumlah keluarga besar Maluku yang ada di Kabupaten/Kota Jayapura.

“Sebagai ketua umum Ikemal di Tanah Papua, saya imbau kepada seluruh warga Maluku di tanah Papua untuk memberikan support kepada atlet-atlet kita ini. Mereka datang untuk mengikuti 14 cabang olahraga yang tersebar di klaster Merauke ada 2 cabor, kemudian di klaster Timika ada 3 cabor, lalu di klaster Kabupaten Jayapura ada 2 cabor dan 7 cabor lainnya ada di klaster Kota Jayapura,” kata Christian Sohilait.

“Sampai H-3, sebelum PB PON dan Sub PB PON mengambil teman-teman kontingen ini, itu seluruhnya tinggal di Ikemal. Misalnya, di Kabupaten Jayapura itu terdapat dua tempat yang kita gunakan untuk tempat menginapnya teman-teman ini, kemudian di Kota Jayapura itu kita bikin tiga tempat yaitu, pos induk di Dok V, tempat penampungan dan satunya lagi di Angkasa,” sambungnya.

Untuk itu, Christian Sohilait mengimbau kepada seluruh warga Maluku agar dapat memberikan dukungan dan support terhadap kontingen asal Provinsi Maluku ketika mereka bertanding di 14 cabor tersebut.

“Saya imbau kepada seluruh warga Maluku di tanah Papua agar memberikan dukungan dan juga support terhadap kontingen Maluku saat bertanding di 14 cabor ketika melawan kontingen-kontingen dari provinsi lain, kecuali melawan kontingen Papua itu kita harus memberikan support kepada kontingen Papua. Sebagai keluarga, kita punya kewajiban untuk menolong kita punya keluarga-keluarga yang datang dari Maluku untuk ikut iven PON XX,” imbuhnya.

Rombongan kontingen PON XX Maluku saat disambut oleh keluarga besar Ikemal, di halaman Gereja GKI Onomi Felavouw, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (16/9/2021) (Foto : Irfan/tiffanews)

Koordinator Kloter 3 Kontingen PON XX Provinsi Maluku,  Izak Tulalesi menyebutkan kontingen PON XX asal Provinsi Maluku berjumlah 33 orang,

“Sebenarnya total kontingen kami itu berjumlah 127 orang, khusus atlet ada 42 orang, kemudian ada pelatih dan teknisi itu ada 26 orang, terus selebihnya ada ofisial dan CDM, lalu ada pejabat Forkompimda yang ikut serta dalam kontingen PON XX asal Maluku,” ujar pria yang juga Humas KONI Provinsi Maluku tersebut.

“Khusus untuk kontingen di kloter ketiga ini, kami ada 41 orang yang terbang langsung dari Ambon kemarin. Khusus untuk di Kabupaten dan Kota Jayapura ini, kita yang datang ini ada 33 orang, kemudian ada 8 orang yang turun di Timika itu dari atlet panjat tebing yang didampingi pelatih dan pembuat jalur, kemudian dengan unsur CDM dan juga dokter. Terus sisanya adalah atlet Muaythai, Dayung dan Taekwondo yang masuk ke klaster Kabupaten dan Kota Jayapura, itulah yang kami dari kloter ketiga kontingen PON XX asal Maluku,” tambahnya.

Usai acara penyambutan di halaman Gereja GKI Onomi Felavouw, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, dilanjutkan dengan mengantar atlet, ofisial dan pelatih dari kontingen PON XX asal Maluku ke penginapan yang telah disiapkan oleh Ikemal, baik yang ada di Kabupaten Jayapura sebanyak 2 tempat dan Kota Jayapura sebanyak 3 tempat. (Irf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Perekrutan SDM Tim Satgas dan Work Force Menyesuaikan Jumlah Venue

TIFFANEWS.COM – Menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, Bidang Arena Panitia Besar (PB) PON XX telah menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Tim Satgas dan juga Work Force Bidang Arena di Klaster Kabupaten Jayapura. Kordinator Arena pada Bidang I Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX, Benny […]
Instagram did not return a 200.
Translate »