Kemegahan Mimika Sport Complex, Sumbangsih Freeport Untuk PON Papua

Marcel
Foto Udara Mimika Sport Complex. (Foto : Property Tiffanews.com)

TIFFANEWS.COM, – Mimika Sport Complex alias MSC dibangun PT Freeport Indonesia dalam upaya mendukung pelaksanaan PON XX di Papua. Konstruksi MSC yang proses pembangunanya dimulai bulan September 2013 dan rampung di tahun 2016 tak dapat dipisahkan dari kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Mimika dan PT Freeport Indonesia (PTFI).

PT Freeport Indonesia membangun MSC di lahan seluas 12,5 ha milik Pemkab Mimika, dengan nilai mencapai 33 juta dollar AS atau sekitar Rp.486 miliar, terletak di Kelurahan Wanagon, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua.

Setelah perhelatan PON XX selesai diadakan, stadion berstandar internasional di Timika ini diharapkan dapat memfasilitasi pelatihan bibit-bibit atlet di Papua.

MSC memiliki fasilitas stadion indoor, stadion outdoor, ruang fitness, kantor, ruang medis, kantin, retail store, toilet, dan parkiran yang mampu menampung 500 kendraan, serta ampiteater yang bisa digunakan untuk gathering. Selain itu, MSC memiliki asrama yang mampu menampung 100 atlet dan official.

Ketua Bidang I PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdi dan rombongan berbincang bersama sejumlah volunteer klaster kabupaten Mimika dalam kegiatan venue exercise di stadion indoor MSC. (Foto : Property Tiffanews.com)

Untuk stadion indoor bisa digunakan untuk cabang olah raga basket, voli dan badminton, dengan tribun penonton yang bisa menampung 5.500 orang serta 75 kursi VIP. Sedangkan stadion outdoor untuk cabor atletik, memiliki tribun dengan kapasitas 3.500 penonton. Di tribun Barat terdapat 2.100 kursi penonton dan 104 kursi VIP, sementara di tribun Timur terdapat 1.300 kursi penonton dan 56 kursi VIP.

MSC juga dilengkapi dengan kantor official dan retail store yang berjumlah 9 kios untuk menjual souvenir dalam rangka membantu ekonomi kerakyatan di Mimika.

Kebutuhan listrik di MSC sekitar 1.900 KVA, bersumber pada PLN dan ditambah dengan genset portable.

Salah satu lintasan atletik pada stadion Outdoor di MSC. ((Foto : Property Tiffanews.com)

Salah satu Wartawan Tiffanews.com yang pada medio Juni 2019 pernah mengunjungi kompleks MSC, memperoleh sejumlah informasi dari External Affairs Manager MSC, Malik A. Lukito, menyebut, sejumlah fasilitas disana didatangkan dari luar negeri dan telah terakreditasi.

Lukito menyebutkan material sintetik pada stadion berasal dari Jerman, sementara rumput berasal dari Swiss yang telah terakreditasi International Association of Athletics Federations (IAAF).

Sehingga, Jika ada atlet yang memecahkan rekor pada lomba atletik di stadion ini, maka akan tercatat di IAAF. Stadion atletik di MSC termasuk stadion terlengkap di Indonesia Timur.

Pada Januari 2019, stadion indoor MSC pernah digunakan untuk Kejurda Bola Basket  tingkat Provinsi Papua. Sementara pada Desember 2018 juga dilaksanakan Kejurda Tinju tingkat Papua.

Nah.. Keren kan MSC di kabupaten Mimika. Tentu ingin bisa melihat langsung tempatnya. Jika masih penasaran ingin melihat foto lainnya di MSC, klik saja di galeri foto tiffanews.com. (Tim)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ini Data Lengkap Lokasi Cabor Pertandingan PON Papua di Empat Klaster

TIFFANEWS.COM, – Konsep penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2021 di Provinsi Papua sebagaiman diketahui akan dilaksanakan di empat daerah di Papua yang ditetapkan menjadi klaster pelaksanaan PON. Empat daerah yang menjadi klaster pelaksanaan pertandingan PON tersebut yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Data […]
Instagram did not return a 200.
Translate »