Kemenkes: Syarat Jadi Relawan Nakes PON Tidak Terlibat Program Vaksinasi Nasional

Tukan Ben

TIFFANEWS.COM,- Pelibatan tenaga kesehatan di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 direkrut dari kalangan relawan yang tidak terlibat program vaksinasi nasional, kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi.

“Tenaga kesehatan yang akan menangani PON adalah mereka yang tentunya tidak terlibat dalam kegiatan vaksinasi, agar lebih fokus,” ujarnya di Jakarta, Rabu (16/6), seperti dikutip dari Antara.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan itu mengatakan tenaga kesehatan akan lebih banyak melibatkan relawan dari mahasiswa tingkat akhir pendidikan di bidang kesehatan.

Peserta pelatihan tenaga kesehatan berpose dalam agenda pembekalan kemampuan program Nusantara Sehat 2019. (Foto : ANTARA/HO-Kemenkes).

Secara terpisah, Sekretaris Badan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Kesehatan, Trisa Wahjuni Putri mengatakan menargetkan penempatan sebanyak 390 tenaga kesehatan (nakes) di Provinsi Papua pada 2021.

“Jumlah nakes yang sudah ditempatkan dan yang sedang bertugas di Provinsi Papua per April 2021 melalui penugasan khusus sejumlah 134 orang,” ujarnya.

Secara institusi, kata Trisa, Kemenkes telah mendirikan lembaga pendidikan di antaranya Politeknik Kemenkes di Jayapura dan Sorong serta beberapa program studi (prodi) kesehatan di Marauke dan Timika.

Namun Trisa belum dapat memastikan apakah nakes tersebut akan dilibatkan dalam kegiatan PON XX yang bergulir pada Oktober 2021. “Kami belum berdiskusi lebih jauh tentang hal itu (PON),” katanya. (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gabungan Lintas Agama di Papua Berencana Gelar Halal Bihalal

TIFFANEWS.COM,- Gabungan lintas agama di Provinsi Papua berencana menggelar halal bihalal guna mengukuhkan harmonisasi umat untuk mewujudkan Bumi Cenderawasih tetap aman. Ketua Umum Panitia Halal Bihalal Lintas Umat Beragama 2021 Nikolaus Kondomo di Jayapura, Rabu (16/6), mengatakan kegiatan halal bihalal ini guna menunjukkan bahwa kerukunan umat beragama Bumi Cenderawasih tetap […]
Instagram did not return a 200.
Translate ยป