KESUNGGUHAN PB PON XX PAPUA PERSIAPKAN AKOMODASI BAGI ATLET

Tiffa News

Oleh    :  Fitria Christin Lumban Gaol*

PESTA akbar dibidang olahraga  PON XX Tahun 2021 sudah di ambang pintu. Pesta olahraga tingkat nasional empat tahunan itu  menurut rencana digelar pada 2-15 Oktober mendatang dimana Papua telah ditetapkan sebagai tuan rumahnya.

Salah satu bidang yang tidak dapat disepelekan oleh tuan rumah adalah akomodasi bagi para atlet. Pertanyaan penting adalah, apakah tuan rumah telah secara matang mempersiapkan akomodasi itu sehingga para atlet dan tkm ofisial merasa aman dan nyaman selama berada di Bumi Cenderawasih ini?

Ketua Harian Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX, Dr. Yunus Wonda mengatakan bahwa persiapan PON XX Papua  sudah mencapai 90 persen.

“Persiapan PON XX Papua mengalami kemajuan yang sangat berarti, kini telah mencapai  sembilan puluh  persen termasuk akomodasi, peralatan, dan  transportasi,” kata Yunus Wonda belum lama ini.

Terkait kesiapan akomodasi, Ketua Harian Pengurus Besar (PB) PON XX Papua Yunus Wonda memastikan bahwa jumlah tempat tidur dan penginapan yang tersedia mencukupi untuk menampung 6.496 dan 3.247 orang ofisial.

Menurut hasil perhitungan PB PON di Klaster Kota Jayapura, ketersedian tempat tidur di hotel dan penginapan mencukupi untuk 8.000 orang atlet dan ofisial, bahkan diperkirakan terdapat kelebihan 2.000 tempat tidur. Di klaster Kabupaten Jayapura dibutuhkan 300 hingga 400 tempat tidur lagi, namun semua itu bisa teratasi. Sedangkan, kebutuhan tempat tidur di klaster Mimika dan Merauke tercukupi.

Pernyataan senada disampaikan juga  oleh Koordinator Bidang Akomodasi PB PON XX, Samuel Siriwa, bahwa pihaknya terus bekerja dan menggenjot persiapan akomodasi untuk para kontingen.

Pihaknya sudah melakukan inventarisasi terhadap sejumlah penginapan mulai yang berkategori berbintang, mupun non-bintang, baik swasta ataupun yayasan dan juga aset TNI dan  Polri.

“Sejak terbentuknya kepanitiaan PON XX,  kami sudah bekerja dan melakukan inventarisasi terkait kesiapan akomodasi menjelang PON XX mulai dari hotel berbintang, sampai milik pemerintah bahkan milik yayasan ataupun swasta,” jelas Siriwa.

“Berdasarkan rapat koordinasi,  kami  sudah menyusun langkah-langkah percepatan untuk mempersiapkan semua akomodasi, termasuk lelang perlengkapan bangunan yang akan direnovasi.  Mudah-mudahan dengan dukungan semua stakeholder kami bisa siapkan akomodasi hingga selesai,” katanya.

Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga turut serta dalam mempersiapkan akomodasi PON XX. PUPR membangun lima unit tower atau rumah susun (Rusun) untuk mendukung akomodasi dalam pelaksanaan PON XX Papua, pada Oktober 2021.

Sebelumnya, Kementerian PUPR dibawah Dirjen, menyatakan PUPR telah membangun 10 unit rusun tipe 36, tipe 45, dan tipe pondok pesantren atau asrama, pada 2019. Sekarang jumlah keseluruhan rumah susun (rusun) yang disiapkan untuk para atlet maupun ofisial tim sebanyak 15 rusun. Seluruh pelayanan dan fasilitas akan setara dengan hotel bintang tiga.

Rusun dan kamar sebanyak itu, diperkirakan dapat menampung sekitar 1.864 orang.

“Seperti Polda Papua dan beberapa Perguruan Tinggi, selanjutnya mereka yang mengelola dan merawatnya.” Ujar Soltief  dari Kementerian PUPR.

Perhotelan di Jayapura juga mendukung suksesnya penyelenggaraan PON XX Papua khususnya dalam bidang akomodasi diantaranya melalui penyediaan fasilitas khususnya tempat tinggal atau penginapan yang baik dan tamu juga dapat menikmati fasilitas dan pelayanan hotel bintang empat meskipun menginap di hotel bintang tiga diantaranya Batiqa Hotel, Horison Ultima Entrop, Fame Hotel Jayapura.

Terlebih lagi di masa pendemi Covid 19 seperti saat ini, hotel akan mengedepankan dan melengkapi semua peralatan protokol kesehatan di dalam kamar seperti masker dan hand sanitizer.

Jayapura juga memiliki keunikan lain, berupa konsep hotel yang didesain dengan menonjolkan unsur lokalitas daerah, yang terlihat dari corak desain interior, eksterior bangunan, maupun ragam variasi  makanan di restoran, unsur lokalitas ini selaras dengan komitmen hotel untuk selalu mengangkat budaya lokal di setiap unitnya.

Papua sebagai tuan rumah PON XX sudah menyelesaikan penyiapan akomodasi hingga 90 persen.

Dengan demikian, problematika dalam mempersiapkan akomodasi guna memenuhi kebutuhan PON XX Papua yang digelar Oktober mendatang, terkhususnya untuk penginapan para atlet mulai dari, hotel, pondok pesantren, rumah susun dan perumahan yang penyediaan fasilitasnya layaknya hotel berbintang sudah dapat diatasi malahan sampai hal-hal terkait  peraturan protokol kesehatan (Prokes) guna mencegah penyebaran Covid- 19.

Sebagai tuan rumah yang baik dalam penyelenggaraan PON XX empat tahunan, kita semua menjadi optimis bahwa Papua pasti akan memberikan yang terbaik bagi para atlet dan tim ofisial PON XX, khususnya untuk bidang akomodasi.

Sukses  PON XX Papua – Sukses Kita Semua!  “Torang Bisa!!”

*Fitria Christin Lumban Gaol: Mahasiswa FKIP UNCEN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Optimisme Pengrajin Lokal Songsong PON XX Papua

Oleh : Risma Junichy Nammu* PEKAN  Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 Papua yang merupakan ajang uji kmampuan para atlet yang berdatangan dari seluruh penjuru Tanah Air Indonesia disambut penuh optimisme seluruh lapisan masyarakat penghuni  Bumi Cenderawasih ini, khususnya para pengrajin lokal yang akan tampil memperkenalkan Tanah Papua melalui berbagai […]
Instagram did not return a 200.
Translate »