Ketua PB PON XX Serahkan Tugas dan Anggaran ke SUB PB PON Kota Jayapura

Marcel
Suasana kegiatan Serah Terima Tugas, Fungsi, Tanggung Jawab dan Anggaran dari Ketua Harian PB PON XX dr. Yunus Wonda, SH, MH kepada Ketua Umum SUB PB PON XX Kota Jayapura, dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM.

BTM : Sukseskan PON Demi Harga Diri Orang Papua

TIFFANEWS.COM,-   Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Dance Yulian Flassy di Jayapura, Jumat (11/6), melaksanakan kegiatan Serah Terima Tugas, Fungsi, Tanggung Jawab dan Anggaran dari Ketua Harian PB PON XX dr. Yunus Wonda, SH, MH kepada Ketua Umum SUB PB PON XX Kota Jayapura, dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Dance Yulian Flassy, mengatakan penyerahan anggaran dari PB PON XX kepada Sub PB PON XX Kota Jayapura, diharapkan dapat menjadi langkah maju dalam rangka kesiapan penyelenggaraan PON XX di Papua pada tahun 2021 ini.

“Penyelenggaraan PON tentunya adalah tanggung jawab kita semua, sehingga kita mempunyai tujuan yang sama untuk saling mendukung dan beriringan dalam menyukseskan PON XX di Tanah Papua,” ujarnya.

Menurut Dance, diperkirakan pada Senin (14/6), tanda tangan surat atas nama Gubernur Papua terkait keputusan rapat ini dapat diturunkan, yang dimana memuat penyampaian pesan agar Para Bupati di daerah sudah dapat melakukan aksi konkret terkait Persiapan Penyelenggaraan PON XX melalui pemasangan baliho dan umbul-umbul. Pihaknya juga memohon kerjasama TNI/Polri untuk dapat mendampingi seluruh unsur yang terlibat, sehingga terbangun sinergitas dalam melakukan aksi-aksi menyukseskan PON yang diawaki 4 Bidang Sub PB PON XX.

Dia menjelaskan, dalam Rapat Forkopimda untuk menyukseskan PON Papua, Pemprov Papua telah membahas Total Paket PON (pekerjaan barang dan jasa oleh PB PON XX-red) di seluruh Papua sebanyak 452 Paket.

Tercatat bahwa Paket yang telah diproses baru mencapai 182 Paket dan 270 Paket belum dapat dijalankan. Adapun Paket yang sementara sedang berjalan tercatat sebanyak 36 Paket.

Terkait Anggaran penyelenggaraan PEPARNAS XVI mendatang, diestimasikan akan didukung sebesar Rp780.000.000.000, dan sudah diserahkan sebesar Rp500.000.000.000 kepada penyelenggara. Sedangkan untuk PON XX Papua 2021 akan didukung sebesar Rp1,7 Triliun, walaupun sementara sebesar Rp600.000.000.000 masih dipegang oleh Pemerintah Pusat.

“Pemprov Papua sudah menerima Hibah beberapa venues yang dibiayai oleh APBN dan disaksikan oleh Dirjen Bina Keuangan Daerah dan Inspektorat Kementerian Dalam Negeri. Kamipun menerima DIPA dari kementerian PUPR sebesar Rp1,3 Triliun, dan sudah diserahkan kepada Pemerintah Provinsi. Tercatat adanya 7 (tujuh) venues yang sudah selesai dibangun dan dua venues sebagai penata Kawasan, tugas kami adalah pemeliharaan serta terus melihat perkembangan kesiapan PON,” katanya lagi.

Sementara itu, Ketua Umum Sub PB PON XX Kota Jayapura, dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM. mengatakan bahwa, masyarakat Kota Jayapura beserta Tokoh Agama dan Tokoh Adat di 14 Kampung menyatakan siap mendukung dan menyukseskan pelaksanaan PON XX Papua tahun 2021.

“Saya mengajak Saudara-saudara Bupati dari Kabupaten Jayapura, Mimika serta Merauke untuk sama-sama menyukseskan PON XX Papua 2021, karena PON merupakan harga diri orang Papua,” katanya.

BTM, sapaan akrabnya, juga mendorong seluruh pihak yang terlibat untuk dapat membantu mengawasi penggunaan anggaran yang diberikan, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya dalam mendukung penyelenggaraan PON XX Papua 2021.

Pihaknya akan melibatkan Polresta Jayapura Kota, Kejaksaan Negeri Jayapura, Bagian Keuangan, hingga Universitas Cenderawasih untuk dapat memberikan sumbangsih pikiran sehingga pengalokasian anggaran ini dapat diteruskan secara ideal. (Tim)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Makna Logo PON XX 2021 Papua

  Menghitung bulan, menghitung hari menjelang berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua yang direncanakan tanggal 2 s.d 15 Oktober 2021, logo resmi pesta olahraga se-Indonesia yang pertama kali diperkenalkan di Bumi Cendrawasih ini diluncurkan. Ada dua versi primer logo ini yaitu horizontal dan vertikal dengan warna […]
Instagram did not return a 200.
Translate »