KODAM XVII/CENDERAWASIH BERPARTISIPASI RAYAKAN HARI RAYA TRI SUCI WAISAK 2566 BE TAHUN 2022 DI VIHARA NUMBAY SANTI JAYA JAYAPURA

Tiffa News

TIFFANEWS.COM, Jayapura- Dalam rangka menyongsong hari Raya Tri Suci Waisak 2566 BE Tahun 2022, yang merupakan peringatan penting bagi umat Budha, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M yang diwakili Kabintaljarah Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Yudiono, S.Ag., M.M. menghadiri kegiatan perayaan bersama umat Budha Vihara Numbay Santi Jaya, bertempat di Vihara Numbay Santi Jaya, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Minggu (15/5/2022).

Hari Raya Tri Suci Waisak 2566 BE Tahun 2022 merupakan hari Raya Umat Budha, sehingga Umat Budha Vihara Numbay Santi Jaya melaksanakan rankaian kegiatan, baik kegiatan sosial kemasyarakatan maupun kegiatan Ibadah.

Kali ini hari Minggu (15/5) umat Budha Vihara Numbay Santi Jaya bersama Kodam XVII/Cenderawasih yang melibatkan Prajurit dan PNS Kodam XVII/Cenderawasih yang beragama Budha merayakan peringatan hari Raya Waisak.

Diselan acara peringatan Waisak, Kabintaljarah Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Yudiono, S.Ag., M.M. menyampaikan bahwa Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M sangat berhatian terhadap kehidupan umat beragama di wilayah Papua. Lebih khusus dalam merayakan hari Raya Waisak untuk menyukseskan acara ini, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat di wilayah Papua.

“Kodam XVII/Cenderawasih berpartisipasi menyukseskan acara ini dengan membantu secara aktif dan mengikut sertakan Prajurit dan PNS Kodam XVII/Cenderawasih yang beragama Budha,” jelas Kolonel Inf Yudiono, S.Ag., M.M.

“Kegiatan ini, diikuti dari seluruh orang yang beragama Budha di jajaran segarnizun Jayapura,” tambah Kabintaljarahdam XVII/Cenderawasih.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kementrian Agama Prov Papua Bapak Pdt. Dr. Amsal Yowei, S.E., M.pd.K. menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M. yang diwakili oleh Kabintaljarah Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Yudiono, S.Ag., M.M atas dukungannya sehingga agenda seluruh perayaan Hari Raya Waisak dapat terselenggara dengan sukses.

“Terima kasih Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih yang berperan aktif merayakan Hari Trisuci Waisak,” jelas Kepala Kanwil Kementrian Agama Prov Papua.

“Hari Trisuci Waisak mengingatkan kita pada tiga peristiwa suci yang terjadi dalam kehidupan Guru Agung Buddha Gotama, yaitu: kelahiran, pencerahan dan kemangkatan. Tiga peristiwa suci itu terjadi pada hari yang sama, dengan tahun berbeda, yaitu hari purnama raya di bulan Waisak. Kelahiran calon Buddha 623 SM, di Taman Lumbini, Kāpilavatthu, Nepal. Pencerahan Sempurna tahun 588 SM, di bawah Pohon Bodhi, Bodhgaya, India. Kemangkatan Buddha tahun 543 SM pada usia 80 tahun di Kusinārā, India. Hari Trisuci Waisak 2566 tahun ini jatuh pada tanggal 16 Mei 2022,” ungkap Bapak Pdt. Dr. Amsal Yowei, S.E., M.pd.K.

Umat Buddha di Indonesia dan seluruh dunia merayakan hari Trisuci Waisak, dengan penuh keyakinan untuk menghayati ajaran kebenaran Dhamma sebagai landasan penuntun hidup benar. Tema Trisuci Waisak 2566/2022: Moderasi Beragama untuk Indonesia Bahagia.

“Moderasi beragama sangat tepat diterapkan di tengah kehidupan dewasa ini, agar memberi kesempatan bagi umat Buddha dan umat beragama lain untuk melaksanakan agama masing-masing dengan sikap saling bertoleransi, sehingga
terbangunlah kedamaian hidup antar umat beragama di Indonesia,” imbuh Bapak Pdt. Dr. Amsal Yowei. (Pendam XVII/Cenderawasih/lina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ini Yang Dilakukan : Satgas TNI 142/KJ Ciptakan Tempat Ibadah Nyaman Bersih Dan Indah

TIFFANEWS.COM, Tolikara – Keakraban TNI dan masyarakat kerap terlihat dalam kehidupan sehari-hari, demikian pula kepeduilan TNI terhadap lingkungan sekitarnya. Hal ini pula dapat dilihat diwilayah Kab. Tolikara Papua, dimana Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Yonif Raider 142/KJ bersama warga berbaur bersama membangun Papua. Dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI bersama Rakyat, dan […]
Translate »