Kominfo Bantu Masyarakat Manfaatkan Ruang Digital

Tukan Ben

TIFFANEWS.COM,-  Pemerintah berupaya membantu masyarakat agar dapat memanfaatkan ruang digital dengan optimal. Selama pandemi Covid-19, pelaku industri kreatif dan UMKM bergantung pada konektivitas jaringan internet. Oleh karena itu, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika membantu menyediakan infrastruktur ICT di wilayah-wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T) dengan pembangunan BTS dan pemanfaatan satelit telekomunikasi.

“Dalam kaitan dengan infrastruktur, pembangunan baik itu banckbone maupun backhaul infrastruktur adalah operator seluler dan karena operator seluler ini hanya fokus pada wilayah-wilayah komersial feasible, maka biasanya tidak diurus di wilayah-wilayah yang belum komersial.  Nah, di situlah peran Kominfo,” ujar Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam Konferensi Pers Peluncuran #BanggaBuatanIndonesia secara virtual dari Jakarta, Kamis (14/05/2020).

Menteri Johnny menuturkan, hingga saat ini, Kominfo sudah membangun 7.634 titik lokasi internet gratis di seluruh Indonesia untuk membantu masyarakat-masyarakat agar bisa memanfaatkan ruang digital itu dengan baik.

“Membina bahwa di wilayah 3T khususnya hidup para petani, nelayan, peternak, industri, rumah tangga, dan usaha mikro yang harus segera kita bantu mereka untuk bermigrasi dari offline ke online market,” ujarnya.

Menteri Kominfo menyatakan meski pembangunan ini tidak gampang, namun harus tersedia fasilitas atau sarana-sarana internet yang memadai di sana.  “Ini tantangan yang besar tapi kita kerjakan secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Ada yang namanya the last mile untuk bisa menjangkau rakyat di kecamatan, di desa, di kampung-kampung, untuk bisa memanfaatkan ruang digital dengan baik,” ucapnya.

Berkaitan dengan dukungan terhadap usaha UMKM untuk bisa memanfaatkan dengan benar sarana-sarana ruang digital untuk selanjutnya bisa menjadi soko guru perekonomian rakyat, Menteri Johnny menyebutkan, saat ini Kominfo memiliki program petani online, UMKM go online, Digital talent scholarship, dan gerakan nasional literasi digital yang dikenal dengan Siberkreasi.

Di hadapan Presiden Joko Widodo, menteri Kabinet Kerja dan  pelaku UMKM, Menteri Johnny menyampaikan, Indonesia saat ini sedang memasuki tahap transformasi digital guna menghantar masyarakat menuju digital society dan Kominfo telah membangun ekosistem digital, membangun infrastruktur telekomunikasi secara besar-besaran, serta turut mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia, juga mengajak kepada seluruh rakyat untuk menjadi komponen bangsa.

“Dengan demikian maka ekonomi kita tidak saja berkembang piramidanya yang di atas tapi piramida bawah yang melibatkan puluhan bahkan 100.000 hingga 100.000.000 rakyat untuk ikut mengambil bagian dalam pembangunan negara,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kabinda Papua Kunjungi PLBN Skouw

TIFFANEWS.COM,- Bertempat di Pos Kotis Satgas Yonif 713/ST dan Perbatasan Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw Distrik Muara Tami Kota Jayapura Provinsi Papua, Satgas Yonif 713/ST yang diwakili Kapten Inf Simon Freddy Pasaribu bersama Perwira Staf Satgas hadiri kunjungan dan rapat bersama Kabinda Papua Brigjen TNI Abdul Haris Napoleon.SE.,M.Si beserta Tim […]
Instagram did not return a 200.
Translate »