Konsulat RI di Vanimo Kembali Fasilitasi Pemulangan PMI dari PNG

Tukan Ben
Pemulangan pekerja migran Indonesia yang difasilitasi Konsulat RI di Vanimo, Papua Nugini, Jumat (29/10) di zona netral RI-PNG di Wutung. (Foto : ANTARA/Evarukdijati)

 

TIFFANEWS.COM,-  Konsulat RI di Vanimo kembali memfasilitasi pemulangan pekerja migran Indonesia (PMI) dari Papua Nugini (PNG).

Ada 21 PMI dipulangkan melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw dengan diantar langsung Konsul RI di Vanimo Allen Simarmata, Jumat (29/10)

Setibanya di zona netral RI-PNG, para pekerja migran diserahkan ke Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Pemprov Papua untuk membantu proses pemulangan mereka.

Konsul RI di Vanimo Allen Simarmata kepada Antara di PLBN Skouw mengakui pemulangan PMI ini karena telah habis kontrak dan ada yang izin ke perusahaan dengan alasan keluarga.

Beberapa diantara mereka ada yang akan kembali lagi ke PNG, kata Allen seraya mengaku masih ada sekitar 250 an PMI yang saat ini bekerja di PNG.

Rata-rata PMI bekerja di bidang perkayuan dan kehutanan, jelas Allen Simarmata.

Sejak merebaknya COVID-19 sekitar 600 an pekerja migran telah dipulangkan melalui PLBN Skouw.

Sementara itu Kasubid Lintas Batas BPKLN Pemprov Papua Rahwani Ohee sebelumnya meminta agar para pekerja migran bekerjasama dengan pihaknya karena akan dibantu untuk pulang ke daerah masing-masing termasuk pemeriksaan kesehatan yakni PCR sebagai syarat bagi pelaku perjalanan.

Pemprov Papua akan membantu sehingga diharapkan kerjasamanya, harap Rahmani.

Setibanya di PLBN Skouw ke 21 PMI langsung dilakukan pemeriksaan PCR. (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Mengenal Maskot Peparnas Papua Hara dan Wara

  TIFFANEWS.COM,-  Perhelatan Pekan Paralimpik Nasional XVI (Peparnas) pada 2-15 November 2021 di Provinsi Papua sebagai ajang para penyandang disabilitas se-Indonesia berkompetisi, tinggal menghitung hari. Kesibukan Provinsi Papua menjadi tuan rumah Peparnas XVI mulai terlihat sejak satu bulan belakangan ini dengan melakukan berbagai program guna menyukseskan ajang olahraga khusus penyandang […]
Translate »